Agen pemulihan bantu sosialisasikan protokol kesehatan COVID-19

Agen pemulihan bantu sosialisasikan protokol kesehatan COVID-19

Ilustrasi - Petugas memakaikan masker kepada warga yang melanggar protokol kesehatan di kawasan Jalan Menteng Atas, Jakarta, Selasa (29/9/2020) (ANTARA FOTO/ Reno Esnir/foc.)

tugas utama dari agen pemulihan adalah memberikan imbauan bahaya narkotika, namun saat pandemi COVID-19, mereka pun turut membantu menyosialisasikan 3M
Jakarta (ANTARA) - Puluhan agen pemulihan (AP) binaan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara ikut membantu menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

"Para agen pemulihan yang diisi anak-anak muda, sangat efektif menyosialisasikan penerapan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," kata Lurah Pademangan Barat, M. Ruspandi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kelurahan Pegadungan fokuskan pasar untuk sosialisasi 3M

Ruspandi mengakui tugas utama dari agen pemulihan adalah memberikan imbauan bahaya narkotika. Namun saat pandemi COVID-19, mereka pun turut membantu menyosialisasikan 3M sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Ruspandi bersyukur adanya kolaborasi dari semua pihak, salah satunya upaya dalam program pencegahan penyalahgunaan narkotika di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Jakarta Selatan sosialisasi 3M dalam materi pembelajaran

Tercatat, klinik Pratama BNNK Jakarta Utara telah merehabilitasi 130 pecandu narkotika selama tahun 2020. Dimana 50 mantan pencandu telah sukses menjalani pascarehabilitasi dan telah beraktivitas di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara dr Novianti menyatakan kesuksesan itu berkat program rehabilitasi berbasis masyarakat (RBM) yang melibatkan puluhan Agen Pemulihan (AP) dan relawan yang tersebar di sejumlah kelurahan.

Baca juga: Menteri PPPA minta anak aktif sosialisasi protokol kesehatan keluarga

"Peran agen pemulihan ini sangat penting bagi kami, karena dapat memanggil para pencandu narkotika untuk menjalani program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi," kata Novianti.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Antara Kalbar serahkan bantuan pendidikan siswa terdampak COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar