Lokasi idaman "staycation": Bandung, Bali dan Yogyakarta

Lokasi idaman "staycation": Bandung, Bali dan Yogyakarta

Wisatawan menikmati pemandangan di kawasan Kebun Raya Eka Karya Bali, Tabanan, Bali, Minggu (23/8/2020). ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF.

Jakarta (ANTARA) - Kota Bandung, Yogyakarta dan Pulau Bali masih menjadi lokasi idaman staycation para pengguna biro perjalanan daring tiket.com.

Public Relations Manager tiket.com Sandra Darmosumarto mengatakan berdasarkan data internal, tiga tempat tersebut paling banyak dicari oleh pengguna yang ingin staycation.

Sementara itu, destinasi yang paling diminati dari sisi jumlah pemesanan adalah Surabaya, Makassar, Medan, Denpasar dan Yogyakarta.

"Ini adalah data dari tiket.com untuk destinasi top 5 selama tiga bulan terakhir, dengan Jakarta sebagai kota keberangkatan," kata Sandra kepada ANTARA, Selasa.

Baca juga: Manajemen Ancol siagakan satgas COVID-19 saat liburan panjang

Baca juga: Satgas COVID-19: Jangan kendor protokol kesehatan jelang libur panjang


Sandra menambahkan, preferensi masyarakat saat ini memang masih liburan di dekat rumah alias staycation.

"Kami pun menghadirkan kampanye Liburan Dekat Rumah (LDR), yang bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada masyarkat menjelajahi pariwisata lokal, karena masih banyak destinasi wisata lokal yang belum terekspos," kata dia.

Kendati demikian, pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dan orang lain, menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan pembatasan jarak selama perjalanan.

Mengenai lonjakan pemesanan berbarengan dengan libur panjang pekan ini, dia mengatakan ada lonjakan pemesanan tiket dengan keberangkatan pada minggu 19-25 Oktober 2020.

"Sekitar 20 persen bila dibandingkan dua minggu sebelumnya. Kenaikan ini dapat diestimasi semakin tinggi lagi karena mulainya banyak destinasi yang sudah dibuka dengan protokol kesehatan, adanya dengan tambahan kampanye dari tiket.com, dan semakin dekatnya day of travel."

Baca juga: Jalan-jalan di musim hujan, pakai tabir surya & waspadai infeksi jamur

Baca juga: Inspirasi tujuan liburan, sembilan pesona wisata alam di kota Malang


Hal serupa dirasakan biro perjalanan daring lainnya.

Shirley Lesmana, VP Marketing Traveloka Accommodation, kepada ANTARA mengatakan berdasarkan data internal, biro perjalanan daring itu mencatat tren permintaan staycation di dalam kota terus naik sejak Juni 2020. Kenaikan terlihat terutama di beberapa kota besar dibandingkan bulan sebelumnya.

"Sejak bulan Agustus 2020 pola peningkatan pemesanan sejalan dengan tren ​staycation dan ​road trip dimana kota tujuan sepanjang jalur Trans Jawa, antara lain Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, hingga Bali dan Trans Sumatra," kata Shirley.

Sementara itu, data biro perjalanan daring Pegipegi menujukkan lokasi staycation yang paling banyak diminati adalah kota-kota besar di Indonesia.

"Untuk top 5 cities, masih di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang, dan Semarang," kata Busyra Oryza, Corporate Communications Manager Pegipegi.

Pegipegi memprediksi kota-kota besar tersebut akan jadi destinasi favorit liburan akhir pekan kelak, dilihat dari data pemesanan tiket pesawat sejak pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar pada Juni lalu.

Setelah pembatasan melonggar, masyarakat yang selama ini berdiam diri di rumah mulai berani bepergian ke luar kota.

"Jika kami lihat periode pemesanan tiket pesawat sejak dilakukannya pelonggaran PSBB Juni lalu hingga saat ini, lima destinasi favorit diantaranya adalah Medan, Jakarta, Makassar, Padang dan Pontianak."

Baca juga: SE sebut usaha wisata wajib batasi pengunjung 25 persen selama libur

Baca juga: Tempat wisata siap terapkan protokol kesehatan jelang libur panjang

Baca juga: Minat staycation meningkat jelang cuti bersama

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Usia dibatasi, keberangkatan calon jemaah umrah Jabar terkendala

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar