Seoul (ANTARA News) - Para pejabat tinggi pemerintah Korea Selatan, Jepang dan China bertemu di Pulau Jeju, Korea Selatan, dalam rangka membahas detil konferensi tingkat tinggi (KTT) segitiga mereka, yang diselenggarakan tiap tahun, kata kementerian luar negeri Seoul, Sabtu, seperti dilaporkan kantor berita YONHAP.

Pertemuan antara Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Lee Yong-joon dan timpalannya dari Jepang dan China itu, diadakan Jumat, di pulau wisata selatan, yang juga diperkirakan akan menjadi tempat pertemuan puncak segitiga mendatang, yang dijadwalkan Mei.

Sumber kementerian itu juga mengatakan, bahwa para penjabat saling bertukar pandangan mengenai pertemuan tingkat menteri luar negeri mendatang, antara ketiga negara bertetangga itu, yang diperkirakan akan diadakan di Seoul, sesaat sebelum KTT digelar.

Masalah-masalah yang dibahas termasuk upaya-upaya yang sedang dilakukan untuk membujuk Korea Utara kembali ke perundingan enam negara, persoalan-persoalan aktual regional dan internasional terakhir, serta cara-cara untuk menindaklanjuti kerjasama segitiga tersebut.

Perundingan-perundingan enam negara - yang melibatkan kedua Korea, Amerika Serikat, Jepang, China dan Rusia - bertujuan untuk membujuk Pyongyang melepaskan program nuklirnya.

Negara komunis itu telah melakukan uji coba dua senjata nuklir meskipun telah diperingatkan oleh masyarakat internasional.

KTT mendatang itu, adalah pertemuan puncak ketiga yang diadakan oleh para pemimpin negara Asia Timur Laut tersebut. Sedangkan perundingan ketiga menlu akan menjadi pertemuan keempat antara mereka.

Baik pertemuan tingkat menlu maupun KTT akan dipimpin oleh negara tuan rumah.
(H-AK/B002)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010