Jakarta (ANTARA) - Liga Pro Uni Emirat Arab (UEA) dan Liga Sepak Bola Profesional Israel, Selasa, resmi menandatangani perjanjian nota kesepahaman (MoU) sebagai bentuk kerja sama guna mengembangkan olahraga di kedua negara.

Dilansir AFP, Selasa, kerja sama tersebut menjadi kesepakatan pertama yang dilakukan antara negara Arab dan negara Yahudi.

Perjanjian yang disepakati dalam nota kesepahaman tersebut antara lain mengadakan lokakarya bersama untuk membahas pengembangan pemasaran dan promosi kompetisi. Kerja sama juga meliputi pengembangan teknologi di bidang olahraga dan sepak bola,” demikian Liga Pro UEA dalam pernyataan resminya.

Penandatanganan MoU antara keduanya terjadi setelah UEA pada September lalu menjadi negara Teluk pertama dan negara Arab ketiga yang secara resmi menjalin hubungan dengan Israel.

Baca juga: Pemerintah UAE kunjungi Israel setelah normalisasi hubungan
Baca juga: Kakek asal Mesir dinobatkan sebagai pemain profesional tertua dunia

Klub Arab Al-Nasr Dubai pada September menandatangani kontrak dengan pesepakbola Israel Diaa Sabia. Kesepakatan itu terjadi dua pekan setelah UEA dan Israel menormalisasi hubungan.

Perjanjian tersebut “akan berkontribusi terhadap promosi perdamaian dan memperkuat kerja sama dan persahabatan melalui sepak bola antara kedua negara,” kata Chairman Liga Pro UEA Abdulla Naser al-Junaibi.

“Sepak bola selalu menjadi hal yang paling penting yang bisa mempersatukan semua orang,” tambah dia.

Erez Halfon sebagai ketua liga sepak bola profesional Israel juga senang dan bangga dengan kesepakatan tersebut.

“Kami berharap bisa menjalin kerja sama serupa di bidang sepak bola dengan negara tetangga kami yang lain,” kata Halfon.

Baca juga: Presiden FIFA Gianni Infantino positif COVID-19
Baca juga: Pogba keluar dari Timnas Prancis karena komentar Presiden Macron? Ini faktanya

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020