Denpasar (ANTARA News) - Panitia Kongres III PDIP telah menyiapkan 1.000 kamar yang tersebar di di sejumlah hotel kawasan wisata Sanur, Kota Denpasar, Bali.

"Kami telah memesan seribu kamar untuk peserta dan undangan kongres yang digelar pada 6-9 April ini," kata Koordinator Seksi Akomodasi Kongres III PDIP Wayan Sutena SH di Sanur, Minggu.

Dijelaskan, untuk undangan resmi dari panitia kongres semuanya mendapatkan fasilitas dan akomodasi hotel. Sedangkan anggota Fraksi PDIP DPR-RI yang ingin menyaksikan langsung kegiatan kongres biaya pribadi.

"Anggota Fraksi PDIP DPR yang ke sini itu biaya sendiri. Fasilitas kamar dan lainnya kami utamakan untuk peserta dan undangan lainnya," kata Sutena yang juga Wakil Ketua DPD PDIP Bali.

Ia mengatakan, soal persiapan dan perlengkapan akomodasi peserta kongres sudah tidak masalah lagi.

"Untuk penginapan peserta difokuskan di Inna Grand Bali Beach, karena semua kegiatan ada di hotel ini," ucapnya.

Sementara Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali Ida Bagus Sidartha Putra mengakui terjadinya lonjakan tingkat hunian hotel di kawasan Sanur.

"Selama sepekan okupansi hotel di Sanur mengalami peningkatan, terutama oleh kedatangan ribuan peserta kongres, penggembira dan keluarga yang sekaligus piknik dan berlibur," katanya.

Menurutnya, ajang kegiatan ini merupakan kesempatan bagi hotel-hotel di Sanur untuk mendongkrak okupansi.

"Jika pertemuan semacam ini sering diselenggarakan di Bali, hampir semua hotel yang berdekatan dengan tempat acara akan penuh tamu," kata Sidharta Putra.

Dari pantauan, panitia kongres sudah tiba di Bali sejak Sabtu (3/4), disusul peserta, undangan, penggembira dan keluarga, yang terus berdatangan.

Pembukaan Kongres III PDIP pada Selasa (6/4), direncanakan dilakukan sendiri oleh Megawati Soekarnoputri yang hampir dipastikan bakal terpilih kembali menjadi Ketua Umum DPP PDIP.

(T.I020/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010