Madrid (ANTARA News) - Cristiano Ronaldo dan Gonzalo Higuain mencetak gol saat timnya meraih kemenangan tandang 2-0 atas Racing Santander, Minggu, untuk memastikan Real Madrid kembali ke puncak klasemen Liga Utama Spanyol (La Liga) sebelum akhir pekan depan bertandang ke Barcelona.

Ronaldo menyarangkan bola dari titik penalti pada babak pertama dan Higuain melaju untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-76, tetapi hampir tidak ada catatan lain dalam pertandingan yang kurang menarik itu, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Yang penting adalah menang. Ini tidak cemerlang, tetapi kami sangat solid di belakang," kata pelatih Real Manuel Pellegrini kepada wartawan.

Real mengumpulkan 77 poin dengan delapan pertandingan tersisa dan berada di atas Barca berdasarkan selisih gol, setelah tim juara bertahan itu meraih kemenangan atas tim urutan keenam Athletic Bilbao 4-1 pada Sabtu.

Setelah Real membukukan kemenangan ke-12 berturut-turut dalam liga dan Barca hanya kalah sekali sepanjang musim, pertandingan

`Clasico` Sabtu depan di Bernabeu dipandang penting untuk menghasilkan gelar.

Catatan pertemuan (head-to-head) antara kedua tim akan menentukan tempat pertama jika mereka berakhir dengan poin yang sama, dan Barca unggul setelah menang 1-0 di Nou Camp pada November.

Ronaldo dijatuhkan saat menggiring bola ke area penalti setelah menit ke-23 di Sardinero itu, dan pemain depan Portugal tersebut mencetak gol dalam tendangan penalti setelah itu.

Racing, urutan 17 dalam liga yang diikuti 20 tim, tidak banyak merespon meskipun pemain muda Sergio Canales, yang dikontrak Real untuk musim mendatang, mendekat untuk berusaha menyamakan kedudukan ketika tendangan melambungnya melebar dari gawang.

Real memastikan ketiga poin ketika Alvaro Arbeloa mengirim pemain asal Argentina Higuain umpan untuk menciptakan golnya yang ke-24 dalam liga, dan Guti serta Ronaldo keduanya nyaris menambahkan gol pada saat-saat akhir.

Sebelumnya, penyerang Spanyol David Villa mencetak gol duakali pada lima menit terakhir untuk membantu Valencia tetap di jalurnya menuju Liga Champions musim mendatang dengan kemenangan kandang 3-0 atas Osasuna.

Pemain sayap Joaquin mencetak gol usai jeda pertandingan di Mestalla dan Villa mencetak gol pada menit ke-89 dan kemudian sekali lagi dari titik penalti pada tambahan waktu, untuk membuat pengumpulan golnya menjadi 20 pada musim ini.

Tim urutan ketiga Valencia mengumpulkan 56 poin dari 30 pertandingan, delapan poin di atas Sevilla yang berada di tempat keempat, dan naik setingkat lebih dekat untuk memastikan tempat terakhir yang otomatis lolos ke Liga Champions dari Spanyol.

Real Mallorca membutuhkan gol akhir dari Pierre Webo untuk meraih hasil imbang 1-1 saat bertandang ke Almeria, yang menempatkan mereka setingkat bersama Sevilla dengan 48 poin, tetapi di posisi kelima karena kalah dalam rekor pertemuan (head-to-head).

Villarreal menempati urutan ketujuh dengan 43 poin setelah menang tandang 2-0 atas Real Valladolid dan Diego Forlan mencetak gol dalam pertandingan kelimanya berturut-turut ketika Atletico Madrid mengalahkan tim urutan kedelapan Deportivo Coruna 3-0 untuk menempati posisi ke-10 dengan 40 poin.(F005/A024)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010