Jakarta (ANTARA News) - Serah terima jabatan Kapolda Lampung dari Brigjen Pol Edmond Ilyas kepada Brigjen Pol Sulistyo Ishak di Jakarta, Senin, tanpa ada sambutan dari Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri.

Acara serah terima jabatan hanya berlangsung sekitar 15 menit dengan agenda utama hanya menandatangani berita acara serah terima.

Usai itu, acara dilanjutkan pemberian ucapan selamat.Kapolri, Edmond dan Sulistyo Ishak juga tidak melayani wartawan yang ikut hadir dalam serah terima jabatan itu.

Acara serah terima jabatan itu juga dihadiri oleh Wakapolri Komjen Pol Yusuf Manggabarani, Kepala Badan Reserse Kriminal Komjen Pol Ito Sumardi dan Kepala Badan Pembinaan Keamanan Komjen Pol Iman Haryatna.

Edmond dicopot dari jabatannya karena diduga terlibat penyimpangan penyidikan saat mengusut rekening mencurigakan Rp25 miliar milik Gayus Tambunan, staf Ditjen Pajak.

Edmon selanjutnya ditarik ke Mabes Polri sebagai perwira tinggi tanpa jabatan sedangkan Sulistyo sebelumnya adalah Wakil Kepala Divisi Humas Polri.

Sebenarnya, ada empat kapolda lain yang ikut diganti bersamaan dengan Edmond namun belum dilakukan serah terima jabatan.

Empat Kapolda lainnya adalah dari Aceh, Bangka Belitung, Gorontalo dan Maluku Utara.

Pergantian Kapolda Lampung dan empat kapolda lain itu dilakukan akhir pekan lalu.
(S027/R010)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010