Cipanas (ANTARA News) - Ibu Ani Yudhoyono memiliki resep jitu untuk mengubah kebiasaan putera pertamanya, Agus Harimurti saat masih kecil yang memiliki kebiasaan menghisap bibir dengan menggunakan tanaman Brotowali.

Resep itu disampaikan Ibu Negara saat meninjau Taman Herbalia di Istana Cipanas, Cianjur, Jabar, Senin, bersama-sama anggota solidaritas istri kabinet Indonesia Bersatu II.

"Dulu ketika masih kecil anak pertama kami suka menghisap bibir. Kami mencari bagaimana agar kebiasaan hilang, ternyata jawabannya menggunakan Brotowali dioleskan ke bibir dan karena pahit maka tidak menghisap bibir lagi," katanya yang kemudian diikuti tawa para peserta yang hadir.

Tak hanya memanfaatkan khasiat tanaman yang bisa menjadi obat, bahkan hingga saat ini Ani mengaku masih menggunakan lidah buaya untuk merawat rambutnya.

"Sampai saat ini saya masih menggunakan kearifan lokal itu. Misalkan untuk perawatan rambut. Sampai sekarang lidah buaya masih saya pakai sepanjang rajin dan sabar, Alhamdulillah anak rambut tumbuh kembali," katanya.

Siang itu, Ani Yudhoyono didampingi Herawati Boediono beserta istri anggota kabinet Indonesia Bersatu II meninjau Taman Herbalia di Istana Cipanas.

Taman itu mempunyai 207 jenis tanaman yang memiliki khasiat pengobatan. Taman seluas 2.600 meter persegi itu berada di kompleks Istana Cipanas sebelah barat.

Ibu Negara mengharapkan hasil penelitian dari tumbuhan itu dapat dipatenkan dan menjadi kekayaan bangsa.
(T.P008/A025/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010