Bekasi (ANTARA News) - Sejumlah pengamat politik di Kota Bekasi, Jawa Barat, menilai sosok Megawati Soekarno Putri memiliki peluang besar menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sampai 2015 mendatang.

Pengamat politik komunikasi, Efendi Ghazali, kepada ANTARA, di Bekasi, Senin, mengatakan Mega masih menjadi figur kuat untuk kembali menjabat sebagai ketua umum PDI Perjuangan karena merupakan tokoh pemersatu yang belum bisa tergantikan.

"Megawati memiliki karakter yang nyaris sama dengan ayahnya Soekarno yang memiliki figur pemersatu bangsa. Sosok seperti itu, dewasa ini masih sulit untuk ditemukan," kata pakar pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) itu.

Kekalahan dalam dua kali Pemilu yang dialami Mega, kata dia, harus menjadi sebuah pelajaran berharga agar PDI Perjuangan dapat memperbaiki citra partai ke arah yang lebih baik untuk menyongsong pemilu 2014 mendatang.

"Salah satu faktor kekalahan adalah kurang cermatnya tim sukses dan orang-orang yang berada di sekitar Megawati dalam mengemas pencitraan politik," katanya.

Sosok Megawati memiliki keunggulan dalam menata pemerintahan dan membangun kesejahteraan masyarakat. Namun, kesalahannya hanya soal mengemas pencitraan. Untuk itu, dirinya berharap agar momentum kongres bisa jadikan refleksi, evaluasi, dan merumuskan program kerja yang tepat sasaran.

Hal serupa juga diungkapkan, pengamat poltik dari Indobarometer, M. Qodari mengatakan. "PDI Perjuangan masih membutuhkan Megawati untuk menjaga keutuhan bangsa yang memiliki keberagaman budaya," katanya.

Menurut Qodari, momentum kongres kali ini sangat menentukan sikap opisisi terhadap pemerintah. Qodari juga mengatakan bahwa saat ini yang dibutuhkan adalah regenerasi di tubuh struktur pengurus partai. Tokoh yang paling tepat mendampingi Mega saat ini adalah Maruar Sirait.

"Prestasi Maruar dalam kancah politik sudah dibuktikan dalam penanganan kasus Bank Century. Bagimana beliau mampu menjadi inisiator dalam panitia hak angket Century yang cukup vokal menyampaikan kebenaran," katanya.

Dunia politik bagi pria kelahiran Medan itu, kata dia, sudah tidak bisa doragukan lagi mengingat tokoh muda PDIP yang akrab disapa Ara tersebut merupakan keturunan dari keluarga besar politisi di Indonesia.

Pendapat tersebut juga didukung Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Bekasi, Mochtar Mohamad. "Saya optimistis Megawati mampu meraih dukungan yang tinggi dalam Kongres di Bali nanti," kata Mochtar yang juga menjabat sebagai Walikota Bekasi. (AFR/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010