Washington (ANTARA News/AFP) - Apple menjual lebih dari 300.000 iPads pada hari pertama tersedianya perangkat tersebut di Amerika Serikat pada Sabtu, perusahaan mengatakan Senin.

Apple mengatakan angka-angka penjualan termasuk pengiriman pra-pemesanan komputer meja (table computer) dan pembelian di toko-toko ritel Apple di seluruh negara.

Apple yang berbasis di California juga mengatakan bahwa pengguna iPad telah mengunduh lebih dari satu juta aplikasi di Apple App Store dan lebih dari 250.000 buku elektronik dari iBookstore Apple pada hari pertama.

"Rasanya besar telah meluncurkan iPad ke seluruh dunia -- itu akan menjadi sebuah game changer," kata CEO Apple Steve Jobs dalam sebuah pernyataan.

"Pengguna iPad, rata-rata, mengunduh lebih dari tiga aplikasi dan hampir satu buku beberapa jam setelah membuka kemasan iPad baru mereka," kata Jobs.

Analis telah memprediksi bahwa Apple akan menjual 300.000 hingga 400.000 iPads hingga akhir akhir pekan.

iPad ini memungkinkan pengguna untuk menonton video, mendengarkan musik, bermain game, surfing Web atau membaca buku elektronik. iPad menjalankan sebagian besar dari 150.000 aplikasi yang dibuat untuk iPod Touch dan iPhone.

Model yang mulai dijual Sabtu fitur konektivitas nirkabel Wi-Fi, sementara model kedua menawarkan Wi-Fi dan konektivitas seluler 3G akan dirilis pada akhir April.

Harga versi Wi-Fi 16-gigabyte adalah 499 dolar sementara harga model Wi-Fi 64GB adalah 699 dolar

Tentang ukuran dari ukuran selembar kertas surat, iPad adalah setengah inci (1,3 cm) tebal dan berat 1,5 (0,7 kilogram). iPad memiliki warna 9,7 inci (24,6cm) LED-display layar sentuh. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010