Denpasar (ANTARA News) - Massa Benteng Demokrasi Rakyat (Bendera) dari berbagai daerah berunjuk rasa di sekitar tempat pelaksanaan Kongres III PDI Perjuangan di Denpasar, Selasa, untuk menyampaikan aspirasi agar partai itu tetap beroposisi pada pemerintahan saat ini.

Koordinator Bendera Pusat Mustar Bona Ventura mengatakan, aksi itu dipicu adanya blok oposisi dan koalisi di tingkat pusat. "Kami melihat adanya penggiringan suara ke arah koalisi," katanya.

Ketika ditanyakan jumlah dukungan pro-oposisi, Bona menyatakan lebih dari 700 oramh pendukung hadir di Bali.

"Rombongan dari Jakarta dan daerah lainnya sudah 15 bus dan belum lagi teman-teman yang satu perjuangan dari daerah lain bergabung di sini," ujarnya.

Sementara itu Thio Setiowekti, aktivis Bendera dari Kabupaten Bandung Barat, menyatakan, harga diri dan kehormatan ditentukan dalam kongres ini sehingga diperlukan dorongan untuk mendukung Megawati Soekarnoputri.

"PDI Perjuangan harus memiliki kehormatan dan harga diri setelah kekalahan dalam Pemilihan Umum dan Pemilu Kepala Daerah dan jangan takut menyatakan oposisi," katanya.

Ia menilai pernyataan oposisi harus segera dilakukan Megawati sebagai Ketua Umum terpilih dalam Kongres III PDI Perjuangan 2010 karena hal ini merupakan titik balik partai.

"Ini saat titik balik partai berbalik dari keterpurukan dan menjauh dari antek-antek neokolin - neoliberalis," katanya.

Aksi demonstrasi masih berlangsung hingga pukul 11.30 Wita saat pidato Ketua Umum Megawati Soekarnoputri berlangsung.

Polisi menjaga ketat gerbang menuju tempat kongres dengan dibantu oleh pecalang, keamanat adat Bali. (KR-IP/S018)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010