Bagi CL, lagu "Hwa" jadi penanda awal baru

Bagi CL, lagu "Hwa" jadi penanda awal baru

CL (Yonhap)

Jakarta (ANTARA) - CL, rapper dan penyanyi yang pernah jadi bagian grup 2NE1, mengatakan lagu barunya yang berjudul "HWA" menandai awal baru identitasnya sebagai musisi solo.

Pemilik nama asli Lee Chae-rin meluncurkan lagu baru "HWA" dan "Five Star", Kamis (29/10), setelah 10 bulan hiatus usai merilis album solo "In the Name of Love".

Penyanyi yang menyebut musik sebagai "bahasa" yang membantunya mengekspresikan diri mengatakan hiatus dari musik terasa berat.

"Saya merasa buntu karena tidak punya sesuatu yang bisa dimainkan. Saya membutuhkannya untuk mengekspresikan diri dan belajar serta menerima hal baru," katanya dalam konferensi pers daring di Seoul, seperti dikutip dari Yonhap.

CL berkata, "HWA" adalah "penanda awal dari identitasnya sebagai CL".

Baca juga: CL bakal ke Indonesia tahun depan?

Baca juga: CL 2NE1 rilis single di Korea akhir pekan ini


Dia berusaha memasukkan elemen Korea di lagu barunya, dengan mengenakan busana buatan perancang Korea dan melakukan aktivitas promosi di tempat-tempat yang dapat mewakili budaya Korea.

Misalnya, lagu "Hwa" yang dia bawakan untuk ditayangkan di The Late Late Show with James Corden" berlokasi di Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer Korea Selatan.

Dia mengatakan, elemen Korea telah menjadi sumber inspirasi untuk musiknya. CL menyebutkan bagaimana rasa ketertarikannya saat berkunjung ke studio mendiang desainer Korea Andre Kim, dan dia memilih legenda mode itu sebagai sumber inspirasi utama untuk visual "HWA."

Sebagai orang yang tumbuh besar dengan menonton MTV dan bertanya-tanya mengapa tidak ada bintang pop yang mirip dengan penampilannya, CL mengatakan dia sangat senang dan gembira tentang popularitas K-pop.

CL akan merilis album terbarunya pada 30 November.

"Saya pikir sangat bagus bahwa banyak orang di seluruh dunia - Korea dan Asia - dapat melihat bagaimana orang yang tampak seperti mereka mengekspresikan diri dan musik ... tampaknya batasan telah banyak memudar. Sekarang K- pop dan pop tidak berbeda, semuanya sama-sama pop," katanya, menyebutkan sensasi K-pop terbaru seperti BTS.

CL yang menghabiskan sebagian besar karier di dunia musik sebagai bagian dari 2NEI, yang tidak aktif sejak 2016, mengatakan bersolo karier tidaklah mudah.

"Kami melakukannya berempat bersama-sama, sekarang saya melakukan semua hal yang biasanya empat orang hanya sendirian. Saya harus belajar.. Saya sedang belajar, meski belum betul-betul menguasainya."

Baca juga: 2NE1 reuni virtual rayakan hari jadi ke-11 tahun

Baca juga: CL eks-2NE1 keluar dari YG Entertainment

Baca juga: CL datang ke Jakarta bulan depan

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

MRT, CL, KA Bandara dan TJ bertemu di Dukuh Atas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar