Vaksinasi rabies di wilayah Jaksel capai 70 persen

Vaksinasi rabies di wilayah Jaksel capai 70 persen

Dokter Hewan dari Sudin KPKP Jakarta Selatan memberikan vaksinasi rabies kepada hewan peliharaan di RPTRA Taman Mandala, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (31/10/2020) (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Selatan)

Kegiatan vaksinasi ini gratis, kita juga lalukan pemeriksaan kesehatan hewan gratis
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) menyatakan capaian vaksinasi rabies hingga akhir Oktober mencapai 70 persen dari target sampai dengan akhir tahun 2020 sebanyak 6.500 ekor hewan peliharaan.

"Pada tahun 2020 ini target Sudin KPKP dalam pencapaian vaksinasi rabies ini sebanyak 6.500 ekor, dan sudah mencapai 70 persen," kata Kasudin KPKP Kota Jakarta Selatan Hasudungan Sidabalok, usai kegiatan vaksinasi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Taman Mandala Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu.

Baca juga: Jakpus targetkan beri vaksin rabies ke 4800 hewan hingga akhir 2020

Hasudungan mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk melaksanakan vaksinasi rabies kepada hewan peliharaan berkategori hewan penular rabies (HPR) di masa pandemi COVID-19.

Kegiatan vaksinasi rabies terus dilakukan secara bertahap di sejumlah kelurahan maupun kecamatan hingga akhir 2020 target realisasi dapat dicapai 100 persen.

Seperti pada libur panjang cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sudin KPKP Jakarta Selatan melaksanakan kegiatan vaksinasi di RPTRA Taman Mandala, Tebet Utara.

Baca juga: Hari Rabies Sedunia, KPKP Jakpus beri sterilisasi dan vaksinasi gratis

Kegiatan vaksinasi rabies ini terselenggara berkat kerja sama Sudin KPKP dengan Komunitas Musang Lover Indonesia serta PT Romindo Primavetcom.

"Kegiatan vaksinasi ini gratis, kita juga lalukan pemeriksaan kesehatan hewan gratis," kata Hasudungan.

Hewan-hewan yang divaksi meliputi kucing, anjing serta musang. Warga Jakarta Selatan memanfaatkan kesempatan untuk memeriksakan kesehatan hewan dan vaksinasi secara gratis.

Kegiatan vaksinasi ini menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19, setiap pemilik hewan yang datang dilakukan pengecekan suhu, wajib memakai masker dan menjaga jarak dalam menunggu antrian sebelum dipanggil.

Baca juga: Petugas vaksin rabies 32 hewan peliharaan di Penjaringan

"Vaksinasi ini dalam rangka mempertahankan DKI Jakarta tetap sebagai daerah bebas rabies. Dan kita rutin melaksanakan vaksinasi rabies gratis serta diulang sekali setahun," kata Hasudungan.

Vaksinasi rabies di RPTRA Taman Mandala, Tebet Utara ternyata tidak hanya dimanfaatkan oleh warga Jakarta Selatan, tetapi ada juga warga dari Jakarta Pusat, Jakarta Timur, juga dari Depok.

Camat Tebet, Dyan Airlangga mengapresiasi partisipasi masyarakat dan pencinta hewan telah bekerja sama dalam menyelenggarakan vaksinasi rabies tersebut.

"Saya lihat antusias dari warga masyarakat ini cukup baik," kata Dyan

Sementara itu, Niken (20) warga Kelurahan Tebet Timur pemilik hewan merasa terbantu dengan adanya vaksinasi rabies yang dilakukan oleh pemerintah, dan berharap kegiatan tersebut menjadi agenda rutin.

"Kegiatan ini sangat positif, karena sekarang kalo ada vaksinasi rabies itu banyak peminatnya. Kucing saya disuntik rabies dan juga diberi vitamin," ujarnya.

Tercatat sebanyak 100 hewan terdiri atas kucing, anjing, musang dan kera yang mendapatkan vaksinasi rabies serta pemberian vitamin gratis di RPTRA Taman Mandala, Tebet.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polda Metro gerebek pesta gay di Jakarta Selatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar