KAI Daop 9 Jember tambah operasional KA pada November 2020

KAI Daop 9 Jember tambah operasional KA pada November 2020

Foto dok. Suasana kepadatan penumpang di Stasiun Jember pada libur panjang akhir pekan, Jumat (30/10/2020). (ANTARA/ HO - Humas KAI Daop 9 Jember)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember  menambah operasional kereta api pada November 2020 seiring dengan peningkatan okupansi penumpang.

"Tren okupansi penumpang kereta di wilayah Daop 9 menunjukkan peningkatan yang signifikan, sejak beroperasi kembali pada bulan Juni 2020," kata Vice President Daop 9 Agus Barkah Nugraha di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Data terbaru, lanjut dia, peningkatan okupansi penumpang dari Agustus ke September 2020 tercatat sebesar 12 persen yakni meningkat 5.338 penumpang.

"Seiring meningkatnya okupansi penumpang, kami akan menambah operasional kereta diantara nya KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, dan KA Logawa," tuturnya.

Ia mengatakan penambahan perjalanan tiga KA tersebut menambah daftar kereta yang beroperasi di bulan November 2020, namun operasional KA tersebut tidak beroperasi setiap hari dan hanya beroperasi pada tanggal tertentu saja.

"Berdasarkan data September 2020, terjadi peningkatan sebesar 36 persen setiap akhir pekan, meningkat 514 penumpang dibanding hari biasa sebanyak 1.438 penumpang," katanya.

Baca juga: KAI Daop 7: Jumlah penumpang meningkat 57 persen saat libur panjang

Agus menjelaskan operasional KA Ranggajati dan KA Wijayakusuma selama November 2020 pada akhir pekan saja, sedangkan untuk KA Logawa operasionalnya setiap Selasa dan Rabu.

Selama beroperasi, lanjut dia, KAI Daop 9 Jember akan mewajibkan para penumpang untuk menaati protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan di tempat yang disediakan ataupun menggunakan handsanitizer.

"Untuk penumpang kereta jarak jauh diwajibkan menunjukkan dokumen kesehatan berupa tes cepat atau surat bebas gejala influenza, serta menggunakan faceshield selama berada diatas kereta hingga tiba di tujuan," katanya.

Daop 9 Jember menyediakan layanan tes cepat di Stasiun Ketapang dan Stasiun Jember yang bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait syarat perjalanan masyarakat di masa adaptasi kebiasaan baru, serta memudahkan penumpang agar tidak perlu mencari tempat tes cepat di luar.

"KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada perjalanan kereta api, agar kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan," ujarnya.

Baca juga: KAI Daop 4 tambah perjalanan dua KA

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar