Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan melepas saham PT Citra Sari Makmur (CSM) dan PT Patrakom karena bisnis dua perusahaan itu sudah dijalankan oleh anak perusahaan lainnya.

Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah, saat Paparan Kinerja Keuangan Telkom 2009 di Jakarta, Kamis petang, mengatakan bahwa kepemilikan saham Telkom di Patrakom 40 persen, sedangkan di CSM 25 persen.

Kedua perusahaan tersebut bergelut dalam jasa akses komunikasi melalui satelit (V-Sat), sementara anak perusahaan Telkom lainnya yang baru, Metra-Sat juga memberi layanan jasa satelit.

Meski begitu, Rinaldi tidak menyebutkan perkiraan nilai penjualan saham di kedua perusahaan itu, karena alasan kerahasiaan.

"Harganya sudah ada pada, namun kami tidak ingin mengungkapkan karena penawaran calon pembeli bisa lebih rendah," ujar Rinaldi.

Sejauh ini terdapat empat perusahaan yang sudah berminat menjadi calon pembeli saham Patrakom, sedangkan untuk CSM masih dalam tahap penjaringan.

"Kami tidak hanya gencar mengakuisisi perusahaan, tapi kami juga akan melepas jika sudah ada anak perusahaan yang bergerak pada bisnis yang sama," tambahnya.

Berkaitan dengan kinerja anak perusahaan, Rinaldi menuturkan, terjadi pertumbuhan signifikan di seluruh anak perusahaan.

Sigma Cipta Caraka mencatat pendapatan pada 2009 sebesar Rp400 miliar, melonjak dari 2008 sebesar Rp298,5 miliar.

Finnet mencetak pendapatan Rp69 miliar pada 2009 dari sebelumnya Rp22,9 miliar. Admedika meraup pendapatan Rp29,1 miliar di 2009 dari sebelumnya Rp24,8 miliar.

Adapun Telkom Internasional Indonesia mengalami penurunan pendapatan dari Rp713 miliar 2008 menjadi Rp607 miliar 2009.

"Penurunan pendapatan TII dipicu adanya perubahan business model perusahaan, menyusul pemisahan pendapatan trafik yang menjadi hanya fokus pada backbone internasional," tegas Rinaldi.

(T.R017/S025/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010