Dumai (ANTARA News) - Aroma busuk limbah minyak kelapa sawit mentah (CPO) menyebabkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), demikian Diretur Rumah Sakit Umum Daeah Kota Dumai, Riau, Azrida,

"ISPA merupakan penyakit yang terjadi akibat radang pada pernafasan manusia. Jadi setiap aroma atau udara yang masuk melalui rongga pernafasan sangat berbengaruh datangnya ISPA," terang Azrida.

ISPA adalah gangguan saluran pernafasan akibat virus yang menyebar melalui rongga udara yang tidak sehat.

"Jadi apabila udara tersebut sudah mengeluarkan aroma yang sangat busuk, tidak menutup kemungkinan menjadi salah satu penyebab banyaknya pasien ISPA di rumah sakit ini," tuturnya.

Azrida juga mengungkapkan, dari jumlah pasien rawat inap di RSUD Kota Dumai, labih dari 40 ersen adalah penderita ISPA.

"Dominasi angka pasien ISPA ini belum tahu penyebabnya secara pasti. Karena kalau dibilang karena asap, kabakaran lahan saat ini sudah jarang," ucap Azrida.

Aswin (45), warga Kelurahan Dumai Kota, yang juga pasien rawat inap RSUD Kota Dumai, membenarkan pernyataan Azrida.

Menurutnya, bau busuk menyengat yang hampir setiap hari ia rasakan di rumanya yang tidak jauh dengan kompleks industri CPO membuatnya, istri dan tiga anaknya resah.

Dia memaparkan, penyakit yang dideritanya adalah penyakit menurun yang diderita keluarganya karena hampir setiap hari mencium aroma busuk yang menyengat yang berasal dari PT Wilmar Groub, dan sejmlah perusahaan asing lain yang rata-rata mengelolah CPO. (*)

ANT/AR09



Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010