DPR-Verkhovna Rada sepakat tingkatkan hubungan Indonesia-Ukraina

DPR-Verkhovna Rada sepakat tingkatkan hubungan Indonesia-Ukraina

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin (ketiga dari kiri) melakukan kunjungan kerja ke Ukraine dalam rangka pertemuan dengan parlemen Ukraine, Senin (2/11/2020). ANTARA.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan DPR RI dan Pimpinan Verkhovna Rada (Parlemen Ukraine) sepakat untuk memperkuat kerjasama bilateral Indonesia-Ukraina.

"Kedua Parlemen menekankan pentingnya peningkatan hubungan Indonesia-Ukraina di berbagai bidang di antaranya pertahanan, ekonomi dan budaya," kata Azis dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Hal itu dikatakannya dalam kunjungan kerjanya ke Ukraine dalam rangka pertemuan dengan parlemen Ukraina, Senin (2/11). Azis bersama anggota DPR RI mengadakan pertemuan dengan Pimpinan Verkhovna Rada (Parlemen Ukraine) Olena Kondratiuk serta pertemuan dengan Inter-Parliamentary Friendship Group of Indonesia-Ukraine.

Dia mengatakan, Indonesia-Ukraina memiliki hubungan bilateral yang baik dalam hal kerjasama pertahanan yang perlu terus di tingkatkan, juga dalam ekonomi agar defisit perdagangan dapat segera teratasi.

Dalam kesempatan itu, Azis menyampaikan kepada pimpinan Parlemen Ukraina agar pemerintah negara tersebut dapat membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Dan juga bebas visa kunjungan untuk WNI sebagaimana Indonesia membebaskan visa kepada Ukraina. Hal ini menjadi beberapa hal yang kami bahas secara intens dalam pertemuan dengan Parlemen Ukraina," ujarnya.

Azis mengatakan, kehadiran DPR RI di Ukraina menjadi momentum penting dalam peningkatan kerjasama dalam situasi ketidak pastian geopolitik global. Dia mengatakan, kedua negara memiliki visi perdamaian yang serupa serta tantangan ekonomi yang merupa.

Selain itu Azis mengatakan, pemerintah Ukraina berhasil menjalankan Pilkada serentak secara nasional di 22 Oblast (provinsi) di masa pandemi COVID-19.

"Suatu keberhasilkan yang luar biasa dan menjadi optimisme bagi penyelenggaraan Pilkada seretak di Indonesia pada bulan Desember 2020," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Azis Syamsuddin di damping Ketua Komisi I Meutya Hafid, anggota Komisi III DPR RI Supriansa, Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily, Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian, Anggota Komisi XI DPR RI Putri Anetta Komaruddin, anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun, anggota Komisi I DPR RI Bobby Adityo Rizaldi dan anggota Komisi II DPR RI Bambang Putrajaya.

Baca juga: UKM diajak ke Festival Indonesia di Ukraina pada Oktober 2019

Baca juga: Songket dan tenun Indonesia dipromosikan di Ukraina

Baca juga: RKIH promosikan produk kreatif Indonesia di Ukraina

Baca juga: DPR-Pemerintah bahas RUU Kerja Sama bidang Pertahanan dengan Ukraina


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Baleg DPR: Ada pertentangan ideologi bahas RUU PKS

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar