Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia menyampaikan rasa duka yang mendalam atas wafatnya Presiden Polandia Lech Kaczynski dan Ibu Negara Maria Kaczynska serta 132 orang lain dalam kecelakaan pesawat.

Meninggalnya Presiden Kaczynski merupakan kehilangan yang besar bagi rakyat Polandia dan dunia demikian Kementerian Luar Negeri RI dalam pernyataannya di Jakarta Sabtu.

Selain Kemlu, Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono juga menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas peristiwa kecelakaan pesawat tersebut kepada pemerintah dan rakyat Polandia serta seluruh keluarga yang ditinggalkan seraya berdoa bagi arwah yang telah meninggal dunia.

Presiden Kaczynski dikonfirmasi telah wafat dalam kecelakaan pesawat di Kota Smolensk, Rusia barat, tempat pesawat tersebut jatuh.

Kantor berita Rusia, Itar-Tass melaporkan, selain Presiden Kaczynski, sedikitnya 86 orang tewas dalam kecelakaan itu, mengutip kementerian tanggap darurat.

Pesawat yang membawa rombongan Presiden Kaczynski itu jatuh saat mendekati bandara tujuan di Kota Smolensk. Kecelakaan tersebut terjadi di sekitar 1,5 kilometer dari bandara Smolensk akibat kondisi kabut tebal.

Mereka melaporkan 132 orang berada dalam pesawat Tupolev Tu-154 itu.

Pejabat senior Polandia itu mengatakan pemimpin militer Polandia dan kepala rumah tangga kepresidenan juga berada dalam pesawat tersebut bersama dengan Presiden Kaczynski dan istrinya dan beberapa keluarga para pejabat senior lainnya.
(Tz.G003/R009)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010