Jakarta (ANTARA) - Liga sepak bola Ceko beserta kompetisi olahraga lainnya akan kembali bergulir dengan protokol kesehatan yang ketat setelah sempat dihentikan selama tiga pekan karena penyebaran virus corona.

“Bagi atlet-atlet profesional, olahraga merupakan mata pencaharian dan kami ingin mereka bisa secepatnya kembali bekerja,” kata Menteri Kesehatan Ceko Jan Blatny seperti dikutip AFP, Selasa.

Sebelumnya, pemerintah Ceko sempat menghentikan seluruh kompetisi olahraga profesional karena kasus COVID-19 bertambah secara signifikan di Eropa sejak 12 Oktober 2020.

Kondisi tersebut akhirnya memaksa sejumlah klub olahraga mencari tempat latihan hingga ke luar negeri.

Baca juga: Skotlandia perpanjang catatan kemenangan setelah pukul Ceko 1-0

Selain itu, hanya segelintir kompetisi olahraga internasional yang dapat digelar, salah satunya turnamen tenis WTA di Ostrava timur.

Berdasarkan data dari pusat pencegahan dan pengendalian penyakit Eropa, Ceko masih tercatat sebagai negara dengan angka kematian baru per 100.000 penduduk paling tinggi di Eropa.

Akan tetapi, jumlah penambahan kasus COVID-19 di negara berpenduduk 10.7 juta jiwa tersebut sudah mulai melambat sejak pekan lalu.

Seluruh kompetisi olahraga di Ceko akan dilangsungkan tanpa kehadiran penonton hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga: Menkes Ceko mundur di tengah meningkatnya kasus COVID-19

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020