Roma (ANTARA News) - Wakil presiden AC Milan Adriano Galliani hari Senin mengatakan Italia akan kehilangan satu tempat Liga Champions dan beralih ke Jerman akibat skandal pengaturan hasil pertandingan Calciopoli tahun 2006.

"Salah satu dari dampak Calciopoli indeks UEFA untuk Italia dan mulai saat ini secara praktis sudah pasti bahwa Jerman akan mengambil jatah kami," kata Galliani.

"Kami kalah 0,5 angka dari Jerman (pada awal musim ini), dan kini sudah pasti bahwa mulai 2012 kami akan kehilangan satu tim di Liga Champions dan bahkan barangkali di tahun 2011."

Indeks UEFA dihitung berdasarkan penampilan klub-klub di masing-masing negara pada kompetisi-kompetisi Eropa selama lima musim belakangan ini dan menentukan jumlah tim masing-masing negara yang dapat jatah di Liga Champions dan Liga Eropa.

Tiga teratas dalam indeks sekarang ini, yakni Inggris, Spanyol, dan Italia, mendapat jatah empat tim dalam Liga Champions.

Galliani mengatakan skandal Calciopoli berdampak pada penampilan beberapa tim terkuat di Italia, seperti Juventus yang terdegradasi, dan pengganti mereka oleh tim-tim tanpa ambisi yang sama.

"Dengan segala hormat saya kemukakan bahwa Chievo tidak mempunyai tujuan yang sama seperti Juve," tambah Galliani.

Beberapa tim lainnya dihukum karena melakukan kecurangan dalam pertandingan-pertandingan setelah sejumlah pembicaraan telepon antara para pejabat klub, liga, dan wasit disadap dan disiarkan kepada umum.

Juventus didegradasi ke Serie B dan dua gelarnya dihapus pada dua musim sebelumnya, sementara AC Milan, Lazio, Fiorentina, dan Reggina semua dihukum pengurangan angka pada musim berikutnya.(S005/I015)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010