Washington (ANTARA News) - Para peserta KTT Keamanan Nuklir yang berakhir di Washington DC, Selasa, sepakat mengamankan berbagai bahan nuklir agar tidak jatuh ke tangan teroris dalam empat tahun.

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyambut kesepakatan yang dicapai dalam KTT yang dihadiri delegasi 47 negara itu dengan mengatakan bahwa "dunia akan lebih aman".

"Berkat langkah-langkah yang kita ambil, rakyat Amerika dan dunia akan lebih aman," kata Obama dalam konferensi pers yang digelar seusai KTT yang turut dihadiri Wapres RI Boediono itu.

KTT dua hari itu memenuhi tantangan Presiden Obama bahwa dunia terancam akibat buruknya pengamanan bahan nuklir.

"Kami menyambut dan memenuhi seruan Presiden Obama untuk mengamankan seluruh bahan nuklir yang rawan dalam empat tahun. Kita bekerja sama meningkatkan keamanan nuklir," demikian isi pernyataan peserta KTT dalam komunike bersama mereka.

Obama juga memanfaatkan pertemuan Washington itu untuk menekan China dan negara lain anggota tetap DK PBB agar mendukung sanksi baru terhadap Iran berkaitan dengan program nuklirnya.

Presiden China Hu Jintao menegaskan sikap negaranya yang menentang penyebaran senjata nuklir namun mendukung program nuklir untuk tujuan damai.
(R013/C003)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010