Washington (ANTARA) - Presiden AS Joe Biden siap bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tanpa prasyarat untuk membahas denuklirisasi di Semenanjung Korea, kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby.

"Mereka (Korut) belum menanggapi secara positif tawaran itu, tapi tawaran itu masih dirundingkan. Kami bersedia untuk duduk dan bernegosiasi tanpa prasyarat," kata Kirby dalam wawancara dengan Kyodo News pada Kamis (17/8).

Pernyataan tersebut disampaikan Kirby sehari sebelum Biden ditetapkan menjadi tuan rumah pertemuan puncak trilateral dengan para pemimpin Jepang dan Korea Selatan yang akan membahas berbagai isu, terutama perkembangan pesat kemampuan nuklir dan rudal Korea Utara.

Tidak seperti pendahulunya Donald Trump, yang bertemu langsung dengan Kim tiga kali, pemerintahan Biden tidak pernah melakukan pertemuan tingkat tinggi dengan Korut dan hanya melibatkan para pejabatnya untuk membahas denuklirisasi.

Kirby tidak menyebutkan kapan tawaran pertemuan dengan Kim itu dibuat. Dia hanya mengatakan bahwa pemerintahan Biden sedang meningkatkan upayanya untuk menjangkau Korea Utara.
Baca juga: Korea Utara siapkan aksi militer guna protes KTT AS, Korsel, Jepang

Terkait kurangnya tanggapan Pyongyang terhadap pemerintahan Biden, Kirby mengatakan bahwa Biden tidak terlalu memusingkan itu.

"Kami harus memastikan bahwa kami siap dalam segala hal untuk mempertahankan keamanan nasional kami, dan kepentingan sekutu kami Korea dan Jepang," kata Kirby.

"Itu berarti kami harus mengeluarkan lebih banyak kemampuan di wilayah yang kami miliki, dan kami pasti akan mempertimbangkan untuk melakukannya lagi pada masa mendatang jika perlu," lanjutnya.
Baca juga: AS sebut KTT tiga arah dengan Jepang dan Korsel akan bersejarah

Badan intelijen Korea Selatan telah mendeteksi tanda-tanda bahwa Korea Utara sedang bersiap untuk meluncurkan rudal balistik antarbenua bertepatan dengan KTT AS-Jepang-Korsel, kata seorang anggota parlemen Korea Selatan, Kamis.

"Mungkin ada semacam tindakan provokatif, tetapi kami tidak tahu seperti apa. Lagipula tidak ada gunanya bagi kami untuk terlalu mengkhawatirkan hal itu."

Dalam pertemuan Biden dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol di Camp David di Maryland, ketiganya akan menyepakati untuk meningkatkan kemampuan pencegahan mereka dalam menanggapi agresi Korea Utara serta kekuatan militer China yang meningkat, menurut pejabat senior yang terlibat dalam persiapan KTT itu.

Baca juga: Jepang, AS dan Korsel ingin rutinkan KTT trilateral di antara mereka

Sumber: Kyodo-OANA

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023