Baghdad (ANTARA News/AFP) - Seorang perwira senior dari satuan kontra-terorisme,  Jenderal Arkan Ali Mohammed,  dan seorang imam Sunni tewas dalam serangan-serangan terpisah di Baghdad, Rabu, kata seorang pejabat kementerian dalam negeri.

Jenderal Arkan Ali Mohammed tewas ketika sebuah bom rakitan yang diletakkan dekat mobilnya meledak di Taman Nusir Baghdad barat sekitar pukul 08:00 waktu setempat (12:00 WIB), ketika ia menuju kantornya. Tiga orang yang lewat di lokasi itu termasuk seorang polisi cedera.

Di tempat terpisah, Imam Ghazi Juburi, dari masjid Rahman di distrik Adhamiyah, Baghdad utara ditembak mati oleh pria-pria bersenjata ketika ia meninggalkan masjid itu setelah sholat, kata pejabat tersebut.

Walaupun serangan-serangan sering terjadi di Irak oleh kelompok-kelompok garis keras menurun tajam sejak mencapai puncaknya tahun 2006 dan 2007, angka-angka terakhir menunjukkan 367 warga Irak tewas akibat aksi kekerasan bulan lalu-- jumlah tertinggi tahun ini.

Sementara itu, sebuah bom menghantam distrik bisnis Bangdad pusat yang ramai, Rabu petang, mencederai paling tidak tiga orang, kata seorang pejabat dan saksi mata.

Seorang koresponden AFP melaporkan suara tembakan terdengar segera setelah ledakan di jalan Al Rasheed sekitar pukul 13:40 waktu setempat (17:40 WIB).

Seorang pejabat kementerian dalam negeri mengatakan laporan-laporan awal menunjukkan ledakan itu berasal dari sebuah bom yang mencederai paling tidak tiga orang.
(Uu.H-RN/B002/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010