New York (ANTARA News/AFP) - Pasar saham AS berakhir naik pada Rabu, di tengah berita positif tentang belanja konsumen dan dua emiten besar Wall Street memberikan hasil kuat pada musim laporan laba yang sedang berlangsung.

Untuk pertama kalinya sejak September 2008, indeks pasar lebih luas Standard & Poor`s 500 berakhir lebih dari 1.200 poin, mengakhiri hari dengan kenaikan 13,35 poin (1,12 persen) menjadi 1.210,65.

Dow Jones Industrial Average juga menguat, naik 103,69 poin (0,94 persen) menjadi 11.123,11.

Indeks komposit teknologi Nasdaq naik 38,87 poin (1,58 persen) menjadi 2.504,86.

Pasar memulai perjalanan naik mereka pada awal perdagangan, menerima sebuah sentakan dari berita bahwa penjualan ritel naik pada Maret untuk ketiga bulan berturut-turut, lebih besar daripada yang diperkirakan 1,6 persen.

"Laporan penjualan ritel jelas kuat," kata Michelle Meyer dari Barclays Capital. "Peningkatan dalam belanja konsumen sangat penting untuk menciptakan momentum positif dalam perekonomian dan menjadikannya pemulihan," dia menambahkan.

Pasar juga didorong oleh hasil kuat dari pembuat chip Intel dan raksasa perbankan JPMorgan.

JPMorgan Chase melaporkan kenaikan laba besar menjadi 3,3 miliar dolar pada kuartal pertama, karena bank besar AS itu muncul untuk melanjutkan perjalanannya kembali ke arah yang lebih sehat.

Perusahaan keuangan berbasis di New York itu melaporkan peningkatan 55 persen pada labanya dibandingkan dengan 2,1 miliar dolar yang dibukukan kuartal pertama 2009.

Komentar dari Kepala Eksekutif Jamie Dimon lebih lanjut membantu pasar.

"Sementara perekonomian masih menghadapi tantangan, ada yang jelas dan perbaikan berbasis luas dalam tren yang mendasarinya," kata Dimon. "Kami yakin perbaikan ini akan terus dan diharapkan mereka akan mengumpulkan momentum, sehingga menghasilkan pemulihan yang kuat."

Bank juga mengatakan akan menambah 9.000 karyawan baru kepada staf di Amerika Serikat.

Saham JPMorgan berakhir empat persen lebih tinggi menjadi 47,73 dolar per saham, setelah menyentuh tertinggi 52 minggu.

Itu sudah cukup untuk reli saham keuangan lainnya. Bank of America, yang akan melaporkan pendapatannya pada Jumat, mengakhiri hari hampir empat persen.

Saham Citigroup melonjak 6,7 persen di tengah berita kelompok itu menjual 4,2 miliar dolar bisnis hedge fund kepada SkyBridge.

Di sektor lain, saham Intel naik 3,29 persen dan Apple membukukan tertinggi baru pada berita permintaan AS untuk iPad yang akan mendorong rilis di Eropa.

Harga obligasi melemah. Imbal hasil pada obligasi Treasury AS 10-tahun naik menjadi 3,859 persen dari 3,820 persen dan pada obligasi 30-tahun naik menjadi 4,730 persen dari 4,684 persen. Imbal hasil dan harga obligasi bergerak dalam arah berlawanan.
(A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010