Beograd (ANTARA News/AFP) - Serbia dan China pada Kamis menandatangani kontrak untuk pembangunan jembatan di atas Sungai Danube di Belgrade, yang sebagian besar dibiayai dengan pinjaman bank China, kata para pejabat.

Jembatan di atas Danube, panjang 1,5 kilometer (0,9 mil), dengan 21 kilometer (12,5 mil) jalan penghubung, akan menelan biaya 170 juta euro (255 juta dolar), kantor berita Beta melaporkan.

Delapan puluh lima persen dari nilai itu akan berasal dari pinjaman -- akan dibayar kembali dalam 15 tahun, dengan tingkat bunga tahunan tetap sebesar 3,0 persen -- yang diberikan oleh Bank Exim China, sementara pemerintah Serbia akan menyediakan 15 persen dari pembiayaan.

Kontrak untuk membangun jembatan yang menghubungkan dua pinggiran kota Beograd, Zemun dan Borca, ditandatangani oleh Lu Shan, wakil presiden China Road and Bridge Corporation, Menteri Serbia untuk Rencana Pembangunan Nasional Verica Kalanovic dan Walikota Belgrade Dragan Djilas.

Pekerjaan itu akan dimulai pada September dan diharapkan akan selesai pada 2013, kata Kaplanovic.

Jembatan ini merupakan proyek infrastruktur terbesar yang disepakati antara China dan Serbia.

Pemerintah Serbia telah lama berencana untuk membangun jembatan lain di atas Sungai Danube untuk menghubungkan dua kota, tapi kurangnya keuangan sejauh ini telah menunda proyeknya.

Belgrade, terletak di pertemuan Sungai Danube dan Sava, memiliki hanya empat jembatan di atas dua sungai. Kemacetan lalu lintas yang umum, sementara ada jembatan yang telah ada memerlukan pemugaran. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010