London (ANTARA News) - Dubes RI untuk Kerajaan Norwegia merangkap Republik Islandia, Esti Andayani, menyerahkan Surat Kepercayaan Presiden RI sebagai Dubes RI kepada Raja Norwegia di Royal Palace, Oslo, Kamis.

Penyerahan surat kepercayaan tersebut secara resmi menandai dimulainya aktivitas penuh Dubes Esti Andayani di Norwegia, ujar Sekretaris Tiga KBRI Oslo, Febby Fahrani kepada koreposnden Antara London, Jumat.

Usai penyerahan surat kepercayaan yang dilakukan di Ruang Kerja Raja di Royal Palace tersebut, Dubes Esti Andayani berkesempatan menyampaikan salam hangat Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono kepada Raja Harald V, yang disambut dengan salam balasan dari Raja Harald V bagi Presiden RI.

Keduanya juga melakukan pembicaraan bilateral dalam suasana hangat dan bersahabat membahas isu perubahan iklim serta upaya yang perlu dikedepankan Norwegia dan Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim tersebut, antara lain melalui skema REDD (penurunan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan).

Selain itu juga dibahas upaya peningkatan kerjasama bilateral, khususnya di bidang pengedepanan hak asasi manusia, perikanan, dan pendidikan.

Norwegia ingin belajar dari Indonesia Raja Harald V menyampaikan kekagumannya atas keharmonisan kehidupan masyarakat Indonesia dengan suku bangsa, agama dan keyakinan yang beragam. Kepada Dubes Esti Andayani, Raja Norwegia menyampaikan bahwa Norwegia dapat belajar banyak dari Indonesia mengenai hal ini.

Sebelum pembicaraan berakhir, Raja Harald V menyatakan ketertarikannya untuk dapat berkunjung ke Indonesia.

Dubes Esti Andayani yang dilahirkan di Yogyakarta pada tanggal 31 Januari 1957 merupakan Dubes RI untuk Norwegia yang kesembilan.

Sebagai Diplomat karir, Esti Andayani bekerja di Departemen Luar Negeri sejak tahun 1985. Sebelum dipercaya sebagai Dubes RI, ia pernah menjabat Direktur Kerjasama Teknik, Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik, Kemlu RI dan Direktur Komoditi dan Standarisasi, Ditjen Multilateral Ekubang Kemlu RI .

Esti Andayani juga pernah merangkap jabatan sebagai Direktur NAM CSSTC (Non Alignment Movement Centre of South South Technical Cooperation) dan bertugas di Konsulat Jenderal RI di Bombay, di Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) New York, dan di PTRI Jenewa.

Dubes Esti Andayani dijadwalkan untuk menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Islandia, Olafur Ragnar Grimsson, pada Selasa mendatang di Istana Kepresidenan Islandia di Reykjavik. (ZG/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010