Jakarta (ANTARA) - Real Sociedad mengamankan kembali posisi puncak klasemen Liga Spanyol dengan membungkam tamunya Granada 2-0 dalam laga pekan kesembilan di Stadion Reale Arena, San Sebastian, Minggu.

Hasil itu membuat Sociedad mengantungi 20 poin dan mereka kembali ke puncak, yang sempat diduduki oleh Villarreal (18) dan Atletico Madrid (17) dalam 24 jam terakhir, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Dengan demikian Sociedad dipastikan tetap berada di puncak setidaknya selama dua pekan ke depan, mengingat Liga Spanyol akan memasuki masa jeda internasional, sedangkan Granada juga tak akan beranjak dari posisi kelima (14).

Baca juga: Granada minta laga melawan Sociedad ditunda karena COVID-19

Sociedad tampil mendominasi sejak sepak mula bahkan memiliki 72 persen penguasaan bola sepanjang pertandingan.

Dominasi berhasil dikonversi menjadi gol pembuka keunggulan oleh Nacho Monreal yang menyambar bola muntah hasil tembakan Mikel Oyarzabal untuk membawa tuan rumah memimpin pada menit ke-22.

Keunggulan digandakan oleh Oyarzabal melalui eksekusi penalti lima menit kemudian setelah Pepe Sanchez divonis menghadang bola tembakan Adnan Januzaj dengan tangannya.

Sociedad memperoleh peluang untuk memperlebar jarak keunggulan mereka setelah mendapat hadiah tendangan penalti lagi pada menit ke-52 setelah Yan Eteki melanggar Jon Guridi, tetapi kali ini Willian Jose yang menjadi algojo mendapati eksekusinya diamankan kiper Angel Jimenez.

Granada sempat mendapat dua keuntungan di pengujung laga ketika Robin Le Normand diganjar kartu merah karena melanggar Luis Suarez pada menit ke-86.

Lantas pada menit ketiga injury time, mereka memperoleh hadiah tendangan penalti setelah David Silva melanggar Sergio Barcia, tetapi Darwin Machis gagal memperoleh gol hiburan untuk Granada sebab eksekusinya bisa ditebak oleh kiper Alex Remiro.

Liga Spanyol sekira dua pekan untuk jeda internasional, sebelum Sociedad melawat ke markas Cadiz dan Granada menjamu Valladolid.

Baca juga: Villarreal sementara puncaki klasemen selepas menang di Getafe
Baca juga: Joao Felix pimpin Atletico remukkan Cadiz 4-0


Susunan pemain:

Real Sociedad (4-1-4-1): Alex Remiro; Joseba Zaldua (Igor Zubeldia), Artiz Elustondo, Roben Le Normand, Nacho Monreal (Aihen Munoz); Martin Zubimendi; Adnan Januzaj (Portu), David Silva, Mikel Merino (Jon Guridi), Mikel Oyarzabal (Martin Merquelanz); Willian Jose
Pelatih: Imanol Alguacil

Granada (4-2-3-1): Angel Jimenez; Sergio Barcia, Nehuen Perez, Pepe Sanchez, Robert Kenedy (Kingsley Fobi); Yan Eteki, Ismael Ruiz (Juan Brunet); Luis Suarez, Jorge Molina (Alvaro Bravo), Darwin Machis; Roberto Soldado (Dani Plomer)
Pelatih: Diego Martinez

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020