Samarinda (ANTARA News) - Persisam Putra Samarinda menundukkan Persiba Balikpapan 3-1 (1-0) pada laga kedua sepak bola Piala Indonesia babak 16 besar grup G di Stadion Segiri Samarinda, Minggu Sore.

Ketiga gol Persisam di cetak oleh Zaenal Arief pada menit ke-12 dan ke-62 dan Danilo Fernando menit ke-87. Sedangkan gol balasan Persiba di cetak oleh Robertino pada menit ke-68.

Pertandingan yang disaksikan sekitar 10.000 penonton itu berjalan dengan tempo cepat, dan kedua kesebelasan saling bermain terbuka untuk menciptakan peluang.

Tuan rumah Persisam lebih dulu membuka kemenangan dengan gol cepat yang di cetak oleh Zaenal Arief.

Zaenal berhasil menyempurnakan umpan Irsyad Aras yang melakukan kerja sama dengan Achmad Sembiring.

Kemenangan 1-0 itu bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua Persiba berupaya mengejar ketertinggalannya, namun justru tim tuan rumah bisa memperbesar kemenangannya dengan gol yang dilesakkan oleh Zaenal Arief pada menit ke-62.

Zaenal kembali bisa memperdaya I Made Wiryawan kiper Persiba, memanfaatkan umpan Syaful Lewanusa.

Berselang enam menit kemudian Persiba mampu memperkecil kekalahan dengan gol yang diciptakan oleh Robertino.

Namun demikian menjelang tiga menit berakhirnya pertandingan tuan rumah kembali menambah pundi gol, melalui Danilo Fernando memanfaatkan umpan dari Irsyad Aras di teruskan oleh Zaenal Arief kepada Danilo.

Melalui tendangan kaki kanannya Danilo memaksa I Made Wirawan memungut bola untuk ketiga kalinya.

Kedudukan 3-1 untuk kemenangan tuan rumah ini bertahan hingga pertandingan berakhir.

Pelatih Persiba Hariadi kecewa dengan hasil yang dicapai timnya.

"Harus kita akui Persisam bermain bagus, determinasi baik dari belakang tengah dan depan cukup bagus, wajar kalau mereka bisa memenangkan pertandingan," terang dia

Namun, dia juga cukup menyesalkan kepemimpinan wasit yang dinilai merugikan timnya.

"Terlepas memang tim Persisam main bagus, tapi saya menilai kepemimpinan wasit payah, kalau fair tim saya sebenarnya dapat dua hadiah pinalti," keluh Hariadi.

Sementara itu Blitz Tarigan, asisten pelatih Persisam Putra mengaku puas dengan hasil kemenangan timnya.

"Anak-anak tampil luar biasa, mereka bisa bermain lepas dan hasilnya juga luar biasa, kita yang hanya menargetkan hasil seri justru bisa meraih poin sempurna," jelas blizt.

Susunan pemain Persisam: Mukti Ali Raja(g), Tsimi Jaquest Joel, Sonny Kurniawan/ M Robby , Panggah Madyantara, Syaipul Lewanusa, Achmad Sembiring, Gantar Khan/Danilo Fernando, Irsyad Aras, Abdi Gusti/Akbar Rasyd, Ronald Fagundez, Zaenal Arief.

Persiba Balikpapan; I Made Wirawan, Anam Syarul,Mijo Dadic,Akmal Ali, M Sobran,Anggo Julian/Hendro Siswaton 52`,Robertino,Edy Gunawan,M Hatta/ Fery Ariwan, Sultan Samma, Julio Lopes/Stevanus.
(T.KR-RMT/R010/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010