Kediri (ANTARA News) - Gol tunggal yang dicetak Han Jiho ke gawang Persibo Bojonegoro mengantarkan tuan rumah Persik Kediri lolos ke babak 16 Besar Piala Indonesia 2010 menyusul kemenangan 1-0 di Stadion Brawijaya Kediri, Senin.

Pemain asal China itu mencetak gol di menit akhir babak pertama, setelah meneruskan umpan tendangan bebas Saktiawan Sinaga.

Kemenangan ini merupakan yang kedua diraih "Macan Putih", setelah pada laga pertama Sabtu (17/4) membekuk tim Divisi Utama lainnya PSBI Blitar dengan skor telak 3-0 di penyisihan Grup D.

Dua kemenangan tersebut sudah memastikan Persik lolos ke babak 16 besar dan pertandingan terakhir melawan Persitara Jakarta Utara tidak akan mempengaruhi posisinya.

"Kami bersyukur bisa menang dan lolos ke babak 16 besar, meskipun sebenarnya kondisi fisik anak-anak sangat kelelahan," kata pelatih Persik Agus Yuwono usai pertandingan.

Kubu Persibo sempat memprotes keputusan wasit M. Sjafei yang mengesahkan gol Han Jiho, karena sebenarnya waktu pertandingan babak pertama sudah berakhir.

Pertandingan kedua tim berlangsung dalam tempo lamban dan terlihat jelas fisik pemain kedua tim kedodoran, terutama di babak kedua. Jadwal istirahat yang hanya satu hari, membuat pemain tidak bisa melakukan pemulihan fisik dengan maksimal.

"Anak-anak bermain di bawah performa terbaiknya. Jadwal pertandingan sangat mepet dan hanya istirahat satu hari, bahkan kami juga tidak sempat latihan," tambah Agus Yuwono.

Pelatih Persibo Sartono Anwar mengakui timnya tampil kurang solid dan tidak tenang sehingga kesulitan menyelesaikan peluang.

"Ini menjadi evaluasi bagi kami. Banyak kelemahan yang harus kami benahi, terutama organisasi permainan," katanya.

Kendati kalah, Persibo yang pada laga pertama menang 2-1 atas Persitara Jakarta Utara masih punya kesempatan lolos ke babak 16 besar dan akan ditentukan pada laga terakhir melawan PSBI Blitar.
(T.D010/I007/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010