Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menetapkan 23 calon agen penjual surat utang negara, Obligasi Negara Ritel (ORI), yang akan diterbitkan tahun ini.

Dirjen Pengelolaan Utang Kemenkeu, Rahmat Waluyanto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, menyebutkan, calon agen penjual ORI tahun 2010 itu ditetapkan melalui Surat Keputusan Dirjen Pengelolaan Utang Kemenkeu Nomor KEP-19/PU/2010 tanggal 20 April 2010.

Sebanyak 23 calon agen penjual ORI itu terdiri dari 15 bank dan 8 perusahaan sekuritas. Daftar selengkapnya 23 agen penjual ORI tahun 2010 itu adalah Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Panin, Bank BII, Bank CIMB Niaga, Citibank NA, Bank Permata, Bank Danamon, Standard Chartered Bank, Bank HSBC, Bank BRI, Bank OCBC NISO, Bank Bukopin, dan Bank Mega.

Sementara 8 perusahaan sekuritas adalah Danareksa Sekuritas, Trimegah Securities, Mega Capital Indonesia, OSK Nusadana Sekurities Indonesia, Ciptadana Securities, Reliance Securities, Lautandhana Securindo, dan Philip Securities Indonesia.

Kemenkeu memberikan kesempatan kepada berbagai pihak untuk melakukan sanggahan selama lima hari kerja sejak keputusan itu ditetapkan yaitu 20 April 2010.

Pemerintah merencanakan penerbitan ORI untuk pertama kalinya dalam tahun 2010 pada bulan Agustus 2010 nanti. Pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintah telah menerbitkan beberapa kali ORI. ORI merupakan surat utang yang ditujukan kepada pembeli perorangan (individu) berkewarganegaraan Indonesia.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010