Kediri (ANTARA News) - Tuan rumah Persik meraih kemenangan sempurna di babak penyisihan Grup D Piala Indonesia, setelah menundukkan Persitara Jakarta Utara 4-0 (2-0), pada laga terakhir di Stadion Brawijaya Kediri, Jawa Timur, Rabu.

Mantan penyerang tim nasional Saktiawan Sinaga memborong tiga gol (hattrick) untuk kemenangan "Macan Putih" di menit ke-14, 53 dan 60, serta satu gol lainnya disumbangkan Yongki Aribowo pada menit ke-20.

Dengan hasil ini, Persik yang sebenarnya sudah memastikan lolos ke babak 16 besar, tampil sebagai juara Grup D dengan nilai sempurna 9. Sebelumnya, Persik juga menang 3-0 atas PSBI Blitar dan 1-0 saat menghadapi Persibo Bojonegoro.

Bahkan, dari tiga laga yang dijalani, gawang juara dua kali Liga Indonesia itu juga tidak kebobolan satu gol pun dari lawan-lawan.

Sementara Persitara harus babak belur dan menempati posisi juru kunci, karena tiga kali menelan kekalahan di babak penyisihan.

Pelatih Persitara Suimin Diharja mengakui permainan timnya sangat buruk karena kondisi fisik pemain menurun drastis, setelah menjalani pertandingan beruntun dalam dua pekan terakhir.

Selain itu, insiden pelemparan batu yang dilakukan suporter PSBI Blitar di laga sebelumnya, juga ikut mempengaruhi kepercayaan diri pemain.

"Terus terang, insiden itu juga masih menyisakan trauma bagi anak-anak. Namun, masalah utama yang kami hadapi adalah kondisi fisik pemain akibat jarak pertandingan yang terlalu dekat," katanya.

Sementara itu, pelatih Persik Kediri Agus Yuwono mengatakan anak asuhnya mampu bermain lepas dan tampil lebih percaya diri, setelah memastikan lolos ke babak 15 besar.

"Saya menekankan agar mereka menikmati permainan. Mereka harus membiasakan diri bermain tanpa tekanan dan hasilnya ternyata sangat bagus," ujarnya.(D010/I007)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010