Ramallah, Tepi Barat (ANTARA News/Reuters) - Utusan Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk Timur Tengah akan tiba di kawasan itu pekan ini dalam usaha membujuk Israel dan Palestina kembali berunding, kata seorang pejabat Palestina,Kamis.

Presiden Palestia Mahmoud Abbas diberitahu oleh seorang pejabat AS bahwa George Mitchell akan "tiba dalam beberapa jam ke depan," kata perunding senior Palestina Saeb Erakat kepada Reuter.

Amerika Serikat telah mendesak kedua pihak untuk segera melakukan perundingan tidak langsung yang akan membantu mempercepat dimulainya kembali proses perdamaian yang tertunda lama itu.

Palestina mengatakan mereka tidak akan bersedia ikut dalam perundingan kecuali Israel membekukan semua kegiatan pembangunan permukiman di Tepi Barat yang diduduki dan Jerusalem Timur, daerah-daerah yang direbut negara Yahudi itu dalam perang tahun 1967.

"Kami mengharapkan ia memiliki formula yang tepat bagi dimulainya kembali perundingan segera dengan Israel menghentikan kegiatan-kegiatan pembangunan permukiman.

Tidak ada segera konfirmasi dari Washington mengenai kedatangan Mitchell.
(Uu.H-RN/M043/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010