Dumai (ANTARA News) - Warga yang bermukim di Desa Pasir Limau Kapas dan Desa Sungai Daun, Kecamatan Pasir Limau, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, ketakutan karena beberapa ekor harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) masuk ke kampung mereka.

Pembina Yayasan Pelestarian Harimau Sumatra di Riau, Bastoni, kepada ANTARA News, di Dumai, Jumat, mengatakan pihaknya telah menerima laporan ketakutan itu dari warga yang bermukim di daerah perbatasan hutan Senepis yang merupakan kawasan konservasi harimau.

Menurut dia, dari laporan warga, harimau telah menyerang hewan ternak mereka baik kambing maupun ayam sejak dua pekan terakhir.

Ia mengatakan, setelah laporan warga Desa Pasir Limau Kapas, laporan yang sama kembali diterimanya beberapa saat kemudian dari warga Desa Sungai Daun.

"Setelah dilakukan penyelidikan, kami mencurigai keluarnya harimau dari kawasan konservasi Sinepis. Hal ini bisa jadi karena makanan di kawasan itu minim," kata Bastoni.

Ia mengatakan, untuk mencegah jatuhnya korban manusia dan bertambahnya korban ternak di dua desa itu, Bastoni mengatakan telah mengambil langkah antisipasi bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau.

"Pencegahan kami lakukan dengan menyebarkan babi kedalam hutan kawasan konservasi untuk konsumsi Harimau," katanya.(KR-FZR/E010)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010