Tasikmalaya (ANTARA News) - Kesenian daerah tarian Memedi sejenis kesenian Reog Ponorogo memeriahkan Tasik Craft dan Culture Festival (TCCF) di Jalan HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, Sabtu.

Kesenian Memedi tampil di hadapan ribuan pengunjung TCCF yang sudah mulai dibuka sejak pukul 09.00 WIB dengan pembukaan menampilkan berbagai kesenian daerah di Tasikmalaya.

Penari Memedi berjumlah empat orang dengan atribut seperti halnya kesenian Reog namun atribut Memedi dipenuhi dengan ijuk dan daun-daun pisang sambil digoyang-goyangkan oleh penari.

Mereka tampil diiringi dengan musik daerah angklung badud khas Kota Tasikmalaya dengan para penari-penari latar lainnya.
Ketua pelaksana acara TCCF, Thony Theasy, mengatakan acara kesenian yang ditampilkan dalam TCCF sebagai hiburan dalam kegiatan promosi produk yang ada di Kota Tasikmalaya.

Kata Thony, TCCF merupakan kegiatan promosi segala produk unggulan yang ada di Kota Tasikmalaya seperti komoditi batik, pakaian bordir, kelom geulis dan produk kerajinan khas lainnya.

"Kami harap ini sebagai ajang promosi produk unggulan, sedangkan penampilan kebudayaan dan kesenian sebagai upaya melestarikan kesenian yang kita miliki," katanya.

Tampilan kesenian tersebut sebagai pembukaan TCCF yang dihadiri Deputi Menteri Koperasi Bidang Pemasaran, dan Jaringan Usaha, Ir AGus Muharam, Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Industri dan Perdagangan, Dr Hamdan.

Selain itu dihadiri juga para pejabat pemerintah Kota Tasikmalaya, Wali Kota Syarif Hidayat, dan wakilnya Dede Sudrajat, serta unsur kepala Dinas penyelenggara TCCF.

TCCF merupakan acara mempromosikan produk lokal yang dimiliki dan diprodukis di Kota Tasikmalaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan sebagai upaya bersaing dengan produk dari luar.(KR-FPM/Y008)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010