Bandung (ANTARA News) - Tim Jakarta Sananta memastikan diri lolos ke babak "final four" Sampoerna Hijau Voli Proliga 2010 setelah dipastikan unggul selisih nilai dari Bantul Yuso Gunadharma, Minggu.

Meski kalah pada partai terakhir lawan Surabaya Samator 1-3, namun tim asal DI Yogyakarta itu masih bisa menembus "final four", karena pada pertandingan lainnya Bantul Yuso dikalahkan Jakarta BNI 46 dengan skor 3-0 di GOR C-Tra Arena Cikutra Kota Bandung.

Jakarta Sananta dipastikan menempati peringkat keempat klasemen Sampoerna Hijau Voli Proliga 2010 dengan nilai 11 hasil tiga kali menang dan lima kali kalah.

Sedangkan Bantul Yuso di posisi juru kunci, yakni urutan kelima klasemen putra dengan skor 10 hasil dua kali menang dan enam kali kalah.

Padahal sebelumnya, Bantul Yuso masih berpeluang, dengan syarat mampu mengalahkan Surabaya Samator dengan angka telak.

Namun justeru sebaliknya, Zaenuddin dkk dikalahkan tim Surabaya itu dengan skor 22-25, 23-25, 22-25. Tim Samator sendiri sudah memastikan lolos sejak awal bersama Palembang Bank Sumsel Babel dan Jakarta BNI 46.

Sebelumnya sudah diprediksi Jakarta Sananta memang lebih berpeluang ke final four setelah mengumpulkan tiga kemenangan.

Sebaliknya Yuso sempat membuka peluang setelah mengalahkan Jakarta Sananta 3-2 pada Sabtu (24/4) sekaligus revans atas kekalahan mereka di putaran pertama.

Sayang Jakarta BNI 46 yang dihadapinya pada partai pamungkas terlalu tangguh bagi tim Bantul itu. Samator sendiri mencatat nilai 12 hasil empat kali menang dan empat kali kalah.

Pada bagian putri, empat tim memastikan diri berlaga di final four yakni Jakarta BNI 46, Jakarta Electric PLN, Gresik Petrokimia dan Jakarta TNI AU.

Babak final four digelar dalam format kompetisi penuh yang akan digelar di dua tempat yakni di Hall Basket Senayan Jakarta 30 April - 2 Mei 2010 dan GOT Sritex Arena 7-9 Mei 2010.

Sedangkan babak final akan digelar di Istora Senayan Jakarta pada 16 Mei 2010. (S033/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010