San Francisco (ANTARA News) - Microsoft menolak mengungkapkan proyek "Courier" yang dirahasiakannya dengan hanya menyatakan tengah memfokuskan diri pada pembuatan komputer tablet layar ganda yang bisa digunakan untuk hiburan dan kerja.

"Pada saatnya nanti, ada ide-ide baru yang diselidiki, diuji dan dieramkan," kata Juru Bicara Microsoft Frank Shaw dalam pesan yang dipostingkannya, Jumat, ke blog milik raksasa piranti lunak komputer asal AS itu.

"Proyek 'Courier' adalah contoh dari upaya sejenis itu dan teknologinya akan dievaluasi untuk digunakan dalam penawaran Microsoft mendatang."

Microsoft yang menyembunyikan rincian proyek rahasia itu menolak meberi konfirmasi atau enggan mengungkapan apa proyek itu.

Namun, bocoran laporan menggambarkan proyek itu bagai pendahuluan dalam sebuah buku, untuk menyingkapkan komputer berlayar ganda yang beroperasi dengan sentuhan.

Shaw mengatakan dia memposkan komentar panjang lebarnya untuk menjawab ribuan spekulasi mengenai Courier.

Komputer tablet buatan Microsoft mengawali debutnya pada Januari di expo Consumer Electronics Show yang juga menjadi ajang perkenalan produk-produk terbaru teknologi dunia.

CEO Microsoft Steve Ballmer mengenalkan komputer tablet merek Hewlett-Packard ketika tampil di mimbar presentasi pada expo itu.

Pelaku industri ini memperkirakan Courier akan menantang produk terbaru Apple, yaitu komputer tablet iPad yang telah lebih dulu diluncurkan.

Model Wi-Fi dari produk terakhir buatan produsen komputer Macintosh, iPod dan iPhone ini mulai dijual di Amerika Serikat pada 3 April.

Apple telah menjual sekitar 500.000 iPad di minggu pertama penjualannya.

Apple menjanjikan bahwa model iPad-nya yang disempurnakan dengan sambungan seluler 3G, akan laris di toko-toko AS.

Apple mengungkapkan, permintaan besar-besaran dari AS telah memaksa mereka menunda rilis internasional iPad sampai sebulan, hingga akhir Mei. (*)

AFP/jafar

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010