New York (ANTARA News) - Lirik lagu the Beatles berjudul "A Day in the Life" goresan tangan John Lennon akan dilelang di News York yang dimulai tanggal 18 Juni 2010.

Lagu yang dianggap sebagai salah satu lagu terbaik the Beatles dalam album Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band itu akan dilelang oleh rumah lelang Sothesby's. sebagaimana dikutip dari Reuters.

Selembar kertas bertuliskan lirik lagu itu diharapkan akan terjual senilai 500-700.000 dolar. Kertas itu menampilkan konsep lirik lagu, termasuk coretan pada tulisan yang salah seperti "film" yang tertulis "flim". Pada lembaran dibaliknya terdapat tulisan yang lebih rapi dengan huruf besar dan lebih sedikit perbaikan.

Bait "I love to turn you on" ditambahkan kemudian. Lagu itu dilarang oleh BBC saat pertama kali muncul tahun 1967 karena kata-katanya dianggap mengacu pada penggunaan obat-obatan.

Dalam lagu itu terdapat kata-kata "He blew his mind out in a car/He didn't notice that the lights had changed", yang disebut berdasarkan pada kecelakaan yang menyebabkan kematian teman Lennon yang bernama Tara Browne.

Bait "Four thousand holes in Blackburn Lancashire" terinspirasi dari laporan mengenai banyaknya lubang di jalanan. Lennon terinspirasi oleh berita-berita dalam surat kabar saat membuat lagu itu. Dia bekerjasama dengan McCartney. Lennon mencatat sementara McCartney menyisipkan irama.

Manuskrip itu tidak menampilkan sumbangan McCartney dalam menciptakan irama tanpa tekanan mengenai jatuh dari tempat tidur dan berlari untuk mengejar bus.

"Dengan teriakan lemah I'd Love to turn you on, lagu ini biasanya ditafsirkan sebagai hymne bagi pengguna obat-obatan. Sebenarnya itu teriakan putus asa John, yang terjebak sebagai John yang tersenyum dalam koleksi gambar the Beatles dan pernikahan pertamanya memburuk, masih belum memutuskan untuk keluar, bergabung dengan Yoko Ono dan menjadi seniman sejati yang selalu dia inginkan," kata Philip Norman penulis biografi The Beatles dan "John Lennon: The Life."

Lirik lagu itu pernah dimiliki oleh manajer tur The Beatles Mal Evans.

Sotheby's mengungkapkan rekor penjualan lirik the Beatles senilai i juta dolar untuk lagu "All You Need Is Love" tahun 2005.(ENY/A024)



Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010