Bandarlampung (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Lampung tidak memperketat pengamanan di kawasan industri di daerah itu karena optimistis perayaan Hari Buruh Sedunia 1 Mei berlangsung tertib dan bebas dari anarki.

"Saya optimis tidak terjadi hal-hal yang di luar perkiraan pada peringatan Hari Buruh Sedunia di Lampung, meski demikian kami tetap waspada," kata Kabag Operasional Polda Lampung, Kombes Rahyono, di Bandarlampung, Sabtu.

Kombes Rahyono mengatakan polisi tetap mendahulukan pendekatan persuasif, namun apabila aksi mulai mengarah kepada tindakan yang mengganggu kamtibmas, polisi akan bertindak tegas.

Jumlah personel polisi yang disiagakan di lapangan untuk mengamankan peringatan Hari Buruh Sedunia di Lampung sebanyak 650 orang.

Rahyono menekankan, kendali pasukan dipegang sepenuhnya oleh Poltabes Bandarlampung dengan tambahan 125 personel dari Ditsamapta dan Brimob Polda Lampung.

Kapoltabes Bandarlampung Kombes Agoes Dwi Listiyono mengungkapkan, pengamanan akan dipusatkan di Tugu Adipura Bandarlampung, yang diperkirakan dipenuhi ribuan demonstran. (*)

H009/A011/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010