Padang (ANTARA News) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), A.M. Nurdin Halid menyebutkan PSSI berencana memdirikan Indonesia Football Academy (IFA) pada 14 kota di Indonesia.

Hal disampaikan Ketum PSSI usai melantik dan mengukuhkan Pengurus PSSI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) periode 2009-2013 yang berlangsung di Hotel Pangeran Beach Padang, Senin.

Nurdin menjelaskan, pembangunan IFA akan tersebar di wilayah-wilayah Indonesia, seperti di Jawa, Sumatra, Kalimantan dan daerah lainnya.

Badan Pembinaan Usia Muda (BPUM) sudah mendirikan satu IFA yang diresmikan dua pekan lalu untuk wilayah Jabotebek, tentu ke depan akan menyusul pada daerah lainnya.

Pendirian IFA sebagai wujud untuk mencarikan solusi terhadap permasalahan atlet sepak bola tingkat nasional yang selama ini, terutama pembinaan pada atlet usia dini.

"Tujuan kita membangun IFA pada 14 kota di seluruh Indonesia untuk pembinaan usia dini. Karena program pengiriman yang sama seperti eks timnas U-16 ke Uruguay tidak bisa berkelanjutan, biaya cukup mahal," jelasnya.

"Proses masuk IFA melalui seleksi, mulai dari standar kesehatan pemain, kemampuan individu hingga kemampuan ilmu pengetahuan pemain, serta tes IQ dan EQ," kata Nurdin.(ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010