Yogyakarta (ANTARA News) - Tari Badui Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta rencananya diundang memeriahkan pembukaan sidang pertemuan negara-negara Islam yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Yaman, Juni, kata Wakil Bupati Sleman Sri Poernomo.

Dalam acara temu silaturahmi dengan pengurus baru Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Yogyakarta, di Sleman, Rabu, ia menambahkan Kedutaan Besar Yaman di Jakarta telah mengundang langsung kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Sleman agar mengirimkan satu tim penari tari Badui untuk tampil dalam acara pertemuan anggota OKI .

"Saya tidak tahu kriterianya sehingga kesenian Tari Badui dari Kabupaten Sleman dipilih untuk tampil memeriahkan acara pertemuan negara-negara anggota OKI," kata Sri Poernomo yang didampingi Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti.

Ia mengatakan yakin jika Tari Badui dari Sleman memiliki kelebihan sehingga dipilih untuk menyemarakan acara tersebut sehingga hal itu dinilai cukup membanggakan bagi masyarakat karena tarian tradisional asal daerah ini akan tampil di pentas internasional.

"Saat ini kami sedang berkoordinasi untuk menyiapkan tim penari tarian Badui yang akan dikirim ke pertemuan negara-negara anggota OKI,"katanya.

Sementara itu, menyinggung mengenai pembinaan seni budaya di Kabupaten Sleman, ia mengatakan saat ini pemerintah kabupaten Sleman merencanakan membangun pusat kebudayaan tingkat kecamatan dengan tujuan untuk menggali potensi seni budaya yang di miliki di tiap desa di Sleman.

"Semangat masyarakat Kabupaten Sleman menggali potensi seni dan budaya di tingkat lokal cukup tinggi sehingga upaya itu perlu memperoleh dukungan pemerintah setempat. Potensi seni dan budaya lokal tersebut menjadi asset pariwisata daerah ini,"katanya.(ANT/A038)


Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010