Korea Selatan bantu kelompok muda Indonesia rentan terdampak pandemi

Korea Selatan bantu kelompok muda Indonesia rentan terdampak pandemi

Penyerahan sumbangan dana untuk merespons COVID-19 dari KOICA Indonesia kepada Kementerian Sosial RI, Selasa (24/11/2020). ANTARA/HO-KOICA Indonesia/am.

Atas nama rakyat Korea, kami sangat senang bahwa dukungan kami juga menjangkau kelompok kaum muda Indonesia yang rentan. Kami ingin menekankan bahwa penyediaan barang dan perlengkapan yang diperlukan untuk mitigasi COVID-19 sangat diperlukan di situa
Jakarta (ANTARA) - Badan Kerja Sama Internasional Korea Selatan (Korea International Cooperation Agency/KOICA) memberikan bantuan kepada kelompok usia muda di Indonesia yang rentan terdampak pandemi COVID-19.

Sumbangan dana senilai 200 ribu dolar AS (sekitar Rp2,8 miliar) itu secara khusus ditujukan untuk meningkatkan kondisi higienitas di pusat rehabilitasi sosial anak.

"Atas nama rakyat Korea, kami sangat senang bahwa dukungan kami juga menjangkau kelompok kaum muda Indonesia yang rentan. Kami ingin menekankan bahwa penyediaan barang dan perlengkapan yang diperlukan untuk mitigasi COVID-19 sangat diperlukan di situasi sulit seperti saat ini,” kata Country Director KOICA Indonesia Office Hoe Jin Jeong dalam keterangan tertulis, Selasa.

Baca juga: Korea gandeng ACT bangun hunian bagi korban bencana Sigi
Baca juga: Koica Menanam Pohon dengan Masyarakat Lokal untuk Mengurangi Pemanasan Global di NTB


Secara simbolis, dana tersebut diserahkan oleh Hoe Jin Jeong kepada Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI Harry Hikmat.

KOICA Indonesia juga menjalankan program inklusif untuk memerangi COVID-19 dengan total anggaran sebesar 6 juta dolar AS (sekitar Rp85,1 miliar) Sebagai bagian dari komitmen tersebut, KOICA Indonesia telah melakukan penandatanganan Perjanjian Hibah dengan Kementerian Sosial RI.

Dalam menghadapi tantangan COVID-19, pemerintah Korea Selatan dan pemerintah Indonesia telah bekerja sama sejak respons awal penanganan pandemi. Indonesia merupakan salah satu negara mitra utama Korea Selatan dalam upaya penyaluran bantuan darurat kemanusiaan.

KOICA, yang merupakan organisasi pemerintah Korea Selatan untuk menyediakan bantuan pembangunan bagi negara berkembang, sebelumnya telah meluncurkan “Program ABC” atau “Agenda for Building resilience against COVID-19 through development cooperation” sebagai bagian dari respons terhadap COVID-19.

Baca juga: PMI berkolaborasi dengan Koica tanggulangi COVID-19 di Indonesia
Baca juga: KOICA-Kementerian ESDM tingkatkan akses listrik surya daerah terpencil


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Warga Korea Selatan bergegas membeli kereta luncur saat turun salju

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar