Bandung (ANTARA News) - Pelatih Persib Bandung Robby Darwis menyatakan, para pemain muda "Maung Bandung" merupakan motor perubahan bagi permainan tim dan menambah semangat daya juang tim.

"Tenaga mereka amat dibutuhkan di dalam tim agar menjaga semangat dalam meraih kemenangan. Daya juang mereka juga sangat tinggi di lapangan," kata Robby seusai laga Persib Bandung kontra Persiwa Wamena di Stadion Siliwangi, Bandung, Kamis.

Pada pertandingan tersebut, Persib unggul atas tamunya dengan skor 3-0, dua gol kemenangan Persib dicetak oleh pemain muda mereka, Irwan Wijasmara dan Wildanyah.

Sejak menit lima, Persib sudah unggul melalui tandukan "El Loco" Gonzales setelah dia memanfaatkan umpan Atep melalui tendangan bebas.

Pada babak kedua, Persib menambah gol melalui tendangan keras Irwan Wijasmara dari luar kotak penalti pada menit ke-58. Gol pamungkas Persib dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Wildansyah melalui sundulan menyambut umpan dari sepak pojok Atep pada menit ke-61.

Irwan masuk sebagai pemain pengganti menggantikan pemain tengah asal Jepang, Satoshi Otomo, pada menit 53. Lima menit kemudian ia langsung membayar kepercayaan pelatih dengan mencetak gol kedua bagi Persib.

"Gol ini dipersembahkan untuk tim dan suporter. Alhamdullilah tim bisa meraih kemenangan dan saya dapat membayar kepercayaan pelatih yang telah memberikan kesempatan," ujar Irwan seusai laga.

Dalam kepemimpinan Jaya Hartono, Jaya sempat mengultimatum Irwan agar Ia memperbaiki sikapnya dan berlatih dengan serius. Karena menurut Jaya, Irwan memiliki potensi yang besar.

Dalam pertandingan Piala Indonesia melawan Persitara, Irwan yang dimainkan oleh Robby Darwis sebagai pemain pengganti pada pertengahan babak kedua langsung membuktikan kualitasnya dengan mencetak gol setelah beberapa menit masuk lapangan.

"Usaha untuk memperbaiki diri terus saya lakukan karena motivasi saya untuk bermain sangat tinggi," kata Irwan.

Selain Irwan, pemain muda yang menunjukkan tajinya adalah Wildansyah. Wildan bermain apik sebagai bek tengah menggantikan Christian Rene Martinez yang absen karena terkena kartu merah pada pertandingan melawan Persipura Jayapura, Minggu (2/5).

"Secara keseluruhan saya puas dengan hasil pertandingan hari ini, apalagi tadi bisa mencetak gol," kata Wildan.

Manajer Persib H Umuh Muchtar mengaku bangga pada para pemain muda Persib Bandung. Dirinya puas dengan penampilan Wildansyah dan Irwan Wijasmara yang berperan aktif dalam proses kemenangan Persib.

"Ini semakin menguatkan manajemen untuk lebih fokus terhadap pembinaan pemain muda Persib. Pasti kita akan lakukan pembinaan secara bertahap," ujar Umuh.

Sementara itu, Walikota Bandung Dada Rosada yang juga hadir dalam pertandingan tersebut berharap, dengan apiknya penampilan para pemain muda Persib dalam pertandingan, manajemen terpacu untuk membina lebih banyak pemain muda.

"Saya selalu berusaha memberikan dukungan moral bagi tim Persib," ujar mantan ketua umum Persib Bandung itu.(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010