London (ANTARA News/Reuters) - Partai Hijau membuat terobosan politik terpenting di Inggris Jumat ketika meraih kemenangan pertama kalinya untuk kursi parlemen nasional di kota pantai Inggris selatan, Brighton.

Caroline Lucas, pemimpin partai lingkungan dan Anggota Parlemen Eropa untuk Inggris Tenggara itu, memenangkan kursi untuk Brighton Pavilion, mengalahkan mayoritas partai Buruh, dengan 5.000 suara masih dalam proses penghitungan.

"Nanti malam warga Brighton Pavilion membuat sejarah dengan terpilihnya anggota parlemen Inggris pertama dari Partai Hijau," kata Lucas.

"Terimakasih banyak untuk anda semua karena telah menempatkan politik harapan di atas politik ketakutan."

Partai Hijau telah menemukan pijakan di Brighton, yang dikenal baik sebagai ibu kota kaum gay Inggris dan terkenal pantainya, istana kerajaan serta dermada laut.

Partai ini juga telah memiliki sejumlah anggota dewan pada pemerintah lokal.

Partai Hijau menikmati keberhasilannya dalam pemilu di Eropa di masa lalu, namun gagal menghimpun dukungan dalam pemilu nasional.

Dengan lebih dari tiga perempat hasil pemilu nasional diumumkan, Partai Hijau diduga meraih dukungan kurang dari satu persen, atau kurang lebih sama seperti pemilu 2005. (H-AK/C/B002/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010