Kepsek dan guru se-Aceh diberi panduan Gerakan Masker Sekolah

Kepsek dan guru se-Aceh diberi panduan Gerakan Masker Sekolah

Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah. (FOTO ANTARA/dok)

Gerakan ini bukan kegiatan bagi-bagi masker, tapi ini lebih menanamkan kembali penerapan tatanan hidup baru kepada siswa-siswi sekolah, serta membekali mereka dengan pengetahuan tentang bagaimana penularannya dan cara mencegah COVID-19
Banda Aceh (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Aceh Taqwallah membekali para kepala sekolah dan guru se Aceh terkait pengetahuan dan panduan Gerakan Masker Sekolah (Gemas) menyusul akan berlangsungnya belajar tatap muka pada awal tahun 2021.

“Pemerintah Aceh terus memastikan seluruh pelaksanaan sekolah/ pembelajaran tatap muka mematuhi protokol kesehatan serta memahami tata cara pencegahannya melalui Gemas,” katanya di Banda Aceh, Rabu.

Dalam rapat virtual pembekalan pengetahuan dan panduan Gemas kepada seluruh kepala sekolah dan guru se-Aceh, di ruang rapat Sekda Aceh,Banda Aceh itu, ia menjelaskan gerakan tersebut diluncurkan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mencegah penularan COVID-19 di sekolah.

Ia mengatakan siswa sekolah dianggap sangat rentan terhadap paparan virus yang menyerang organ pernafasan manusia tersebut.

“Gerakan ini bukan kegiatan bagi-bagi masker, tapi ini lebih menanamkan kembali penerapan tatanan hidup baru kepada siswa-siswi sekolah, serta membekali mereka dengan pengetahuan tentang bagaimana penularannya dan cara mencegah COVID-19,” kata Sekda.

Menurut dia Pandemi yang berkepanjangan membuat prosesi belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring dan hanya beberapa wilayah yang memiliki kasus paparan rendah atau wilayah yang tidak masuk dalam kategori zona merah yang diizinkan melangsungkan sekolah tatap muka.

Ia berharap seluruh guru khususnya wali kelas harus sekolah dan mampu mengedukasi siswa-siswinya dengan mempedomani panduan Gemas yang berisikan Informasi dan tata cara pencegahan penularan COVID-19.

“Kepala sekolah dan guru harus pahami terlebih dahulu apa itu COVID-19, seperti apa penularannya dan bagaimana pencegahannya, agar kalian mudah menyampaikan informasi ini pada siswa,” demikian Taqwallah.

Baca juga: Pemerintah Aceh canangkan gerakan masker anak sekolah

Baca juga: DPR Aceh belum rekomendasikan siswa sekolah tatap muka

Baca juga: Sekolah di Banda Aceh tetap berlangsung daring, sebut Wali Kota

Baca juga: Gubernur Aceh terbitkan surat edaran belajar di rumah


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Aceh Utara dorong pengembangan budi daya bawang merah di pesisir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar