Tulungagung (ANTARA News) - Puluhan rumah di Dusun Jeruk, Desa Jabon, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, rusak berat setelah diterjang angin puting beliung, Sabtu sore.

"Musibah ini terjadi cukup cepat. Angin secara tiba-tiba datang dengan kecepatan tinggi dan langsung menghantam rumah kami," kata Sobari (40), salah seorang korban, saat ditemui di Dusun Jeruk.

Saat kejadian, dia dan anggota keluarganya sedang berada di dalam rumah. Dia dan keluarganya langsung ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

Sobari juga mengaku masih trauma dengan kejadian itu. Ia dengan keluarga berencana menginap di rumah keluarganya yang lain, mengingat hingga kini hujan disertai angin masih mengguyur daerah itu.

Selain merusak puluhan rumah warga, angin tersebut juga menumbangkan pohon-pohon sehingga menutup jalan di desa itu.

Hingga kini, warga masih bergotong-royong untuk menyingkirkan batang pohon yang bertumbangan. Sebagian warga juga masih membantu membersihkan rumah tetangganya yang porak-poranda diterjang angin puting beliung.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Tulungagung, Maryani, mengatakan pihaknya juga sudah mengirimkan bantuan berupa bahan makanan pokok pada keluarga yang terkena musibah.

"Kami juga berencana mengirimkan bantuan material untuk membantu membangun rumah warga yang rusak," katanya. (*)

(T.M038/H-KWR/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010