Raipur, India (ANTARA News) - Pemberontak Maois menewaskan sedikitnya enam personil keamanan dalam serangan ranjau darat di India tengah, Sabtu, yang terakhir dari serangkaian serangan mematikan yang dilakukannya di negara bagian itu.

Tentara-tentara paramiliter itu tewas ketika mobil jip mereka membentur sebuah ranjau darat di Chhattisgarh, negara bagian India yang dilanda terburuk oleh pemberontakan Maois. Bulan lalu pemberontak beraliran kiri jauh itu membunuh 76 polisi di negara bagian yang sama.

Inspektur jenderal polisi T.J. Longkumer memastikan korban tewas itu pada AFP.

Tentara-tentara itu sedang patroli anti Maois ketika kendaraan mereka menghantam ranjau, sekitar 550 Km dari ibukota negara bagian Chhattisgarh, Raipur.

Serangan di daerah Bastar yang berhutan lebat tersebut menandai serangan besar pertama oleh Maois di negara bagian kaya mineral itu sejak pembunuhan 78 personil keamanan, salah satu serangan paling kejam oleh pemberontak tersebut dalam beberapa tahun.

Pemberontakan Maois telah meluas ke 20 dari 29 negara bagian India dan telah membuat PM Manmohan Singh menyebutnya sebagai ancaman keamanan dalam negeri terbesar pada negara,

Polisi Chhattisgarh memiliki 22.000 pejabat pada 2003, tapi pasukan itu telah ditingkatkan menjadi 46.000 pria dan wanita untuk memerangi pemberontakan tersebut.

Pemberontak itu menguasai sejumlah besar bidang tanah di India, khususnya di wilayah pedesaan yang sangat miskin yang dirasakan tidak menguntungkan dari segi ekonomi yang sedang sangat tumbuh di negara itu.

Agencies/S008

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010