New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham AS berbalik naik (rebound) tajam pada Senin, dengan indeks blue-chip Dow ditutup naik hampir empat persen setelah paket penyelamatan besar-besaran untuk zona euro mengurangi kekhawatiran investor terhadap krisis utang.

Dow Jones Industrial Average melompat 404,71 poin (3,90 persen) menjadi 10.785,14 menyusul seminggu turbulensi untuk Wall Street yang melihat indeks sempat turun hampir 1.000 poin pada Kamis.

Menyusul kenaikan yang kuat oleh saham Asia dan Eropa, Dow membukukan kenaikan sesi tunggal terhebatnya sejak Maret 2009.

Indeks komposit Nasdaq naik 109,03 poin (4,81 persen) menjadi 2.374,67, merupakan kenaikan harian tiga digit pertama sejak Oktober 2008, sedangkan indeks Standard & Poor`s 500 naik 48,85 poin (4,40 persen) menjadi 1.159,73.

Investor bereaksi positif terhadap adopsi bersama oleh Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional, Senin, awal dari paket bantuan 750-miliar euro (satu triliun dolar) untuk Yunani dan zona euro tetangganya untuk meredam krisis yang mengancam pemulihan ekonomi global.

Setelah pengumuman itu, Federal Reserve AS, Bank Sentral Eropa dan bank sentral di Jepang, Inggris, Kanada dan Swiss mengatakan mereka akan campur tangan untuk memastikan bahwa kekurangan dolar tidak terjadi di pasar Eropa.

Beberapa pakar bertanya-tanya apakah keuntungan saham besar-besaran pada Senin adalah awal dari rebound sampai tertinggi 2010 - yang terjadi hanya beberapa minggu lalu - atau hanya sebuah rally jangka pendek dari kemerosotan minggu lalu, yang merupakan kulminasi dalam kerugian terburuk mingguan dalam satu tahun, kata analis dari Briefing.com.

"Waktu akan tahu apakah tindakan terkoordinasi ini berhasil. Untuk saat ini, adalah memacu bantuan perdagangan besar-besaran berdasarkan gagasan bahwa hanya hal itu jawaban yang mungkin," kata Patrick O`Hare, seorang analis pasar atas dari Briefing.com.

"Pokoknya, sementara ada rasa lega di pasar saat ini tentang kekuatan moneter yang diterapkan, akan ada harga fiskal untuk membayar bailout (dana talangan) bagi mereka yang membutuhkannya," dia mengingatkan.

Kesepakatan penyelamatan terdiri dari 440 miliar euro dari negara-negara zona euro dan 60 miliar euro dana pinjaman dari Komisi Eropa. Menteri keuangan Spanyol Elena Salgado, mengatakan IMF akan menawarkan fasilitas 250 miliar euro.

Analis di Charles Schwab & Co mengatakan paket penyelamatan keuangan dari Uni Eropa-IMF 110 miliar euro untuk Yunani telah mendingin rasa takut penularan utang zona euro dan mengawetkan prospek kelanjutan pemulihan global.

"Pendapat kami adalah bahwa rasio risk-reward telah menjadi positif lagi," kata kepala penyiasat pasar Wells Fargo, Al Goldman.

Di antara top gainers Senin adalah saham keuangan dan teknologi.

Konglomerat industri General Electric naik 6,87 persen menjadi 18,04 dolar, pembuat peralatan jaringan komputer terkemuka Cisco bertambah 5,75 persen menjadi 26,13 dolar dan Bank of America meningkat 6,92 persen menjadi 17,30 dolar.

Raksasa pembiayaan kredit perumahan AS yang kesulitan Fannie Mae naik 3,88 persen menjadi 1,07 dolar setelah mengatakan pihaknya membutuhkan tambahan bailout pemerintah 8,4 miliar dolar karena melaporkan kerugian bersih kuartal pertama 2010 sebesar 11,5 miliar dolar.

Fannie Mae dan saudaranya Freddie Mac dalam penyelamatan pemerintah pada September 2008 di tengah meningkatnya krisis keuangan setelah runtuhnya gelembung perumahan.

Peabody Energy, produsen batubara terkemuka AS, naik 8,97 persen menjadi 44,60 dolar setelah memangkas penawarannya untuk Macarthur Coal Australia di tengah langkah Canberra untuk mengenakan pajak 40 persen atas keuntungan perusahaan pertambangan.

Karena investor kembali untuk membeli aset berisiko seperti saham menyusul paket penyelamatan zona euro, investasi yang relatif aman seperti obligasi Treasury AS terpukul.

Karena harga obligasi jatuh, imbal hasil pada obligasi Treasury AS 10-tahun melompat menjadi 3,539 persen dari 3,429 persen pada Jumat sedangkan pada obligasi Treasury 30-tahun meningkat menjadi 4,410 persen dari 4,280 persen. Harga dan yield obligasi bergerak di berlawanan arah. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010