dan Kliring Mata Uang Asing

Salah satu bank terkemuka di Indonesia telah memutuskan untuk menggunakan produk J.P. Morgan, yaitu U.S. Dollar Clearing - Asia Direct dan Payment-Versus-Payment (PvP) Settlement Solutions

    
HONG KONG, 12 Mei (ANTARA/PRNewswire-Asia-AsiaNet) -- J.P. Morgan hari ini mengumumkan bahwa PT Bank Mega Tbk. ("Bank Mega"), salah satu lembaga keuangan terkemuka di Indonesia, telah memilih produk J.P. Morgan yaitu U.S. Dollar Clearing - Asia Direct dan solusi Payment-Versus-Payment PvP) untuk memenuhi kebutuhan layanan kliring mata uang asing bagi transaksi komersil maupun treasury.

     Dengan memanfaatkan layanan J.P. Morgan, U.S. Dollar Clearing - Asia Direct, semua nasabah Bank Mega dapat melakukan pengiriman uang lebih cepat ke Republik Rakyat Cina (RRC) dan Hong Kong.

     Layanan J.P. Morgan, U.S. Dollar Clearing - Asia Direct adalah solusi pertama dan satu-satunya yang menyediakan akses langsung ke sistem kliring dolar AS ke RRC, Hong Kong, Jepang dan Taiwan dengan menggunakan satu rekening Dolar AS di JPMorgan.

     Semua nasabah Asia Direct J.P. Morgan tidak diharuskan membuka rekening tersendiri di masing-masing negara tempat terjadinya transaksi kliring, sehingga pengelolaan konsentrasi dana dapat dilakukan lebih baik, biaya yang lebih rendah, pengaturan pendanaan yang sederhana dan penghematan waktu yang digunakan dalam kegiatan rekonsiliasi.

     Solusi U.S. Dollar Clearing - Asia Direct J.P. Morgan juga akan membantu semua nasabah Bank Mega di dalam meningkatkan kegiatan usaha mereka melalui peningkatan hubungan dengan mitra timpalan mereka.

     Bank Mega juga telah menunjuk J.P. Morgan di dalam memfasilitasi transaksi setelmen valuta asing melalui mekanisme payment-versus-payment di Indonesia. Layanan tersebut memungkinkan terjadinya penyelesaian transaksi secara simultan antara mata uang Rupiah dan Dolar AS dalam hari kerja yang sama di zona waktu Asia, sehingga memungkinkan Bank Mega untuk memitigasi kegagalan setelmen valuta asing, mengoptimalkan likuiditas dan meningkatkan efisiensi operasional.

     "Kami senang bekerja sama dengan J.P. Morgan dalam penyediaan akses layanan inovatif yang memberikan nilai tambah kepada nasabah kami seperti solusi PvP dan U.S. Dollar Clearing - Asia Direct J.P. Morgan dan kami akan senantiasa mencari terobosan baru sehingga dapat melebihi harapan nasabah kami. Posisi teratas J.P. Morgan di dalam kliring Dolar AS juga menjadi faktor utama dalam keputusan kami untuk memanfaatkan solusi ini," kata J.B. Kendarto, Presiden Direktur Bank Mega.

     "Bank-bank di Indonesia dengan cepat telah mengadopsi standar terbaru sistem pembayaran. Dipilihnya kami oleh Bank Mega untuk menyediakan layanan pembayaran treasury dan komersil memperlihatkan kelebihan kami dalam memberi layanan cash management kelas dunia. Kami juga melakukan investasi yang sangat besar dalam memelihara dan mengembangkan hubungan dengan semua nasabah kami dan sangat berharap akan dapat lebih mengembangkan hubungan kami dengan Bank Mega. Kami bertekad untuk terus menyediakan solusi inovatif bagi klien lembaga keuangan kami dan bagi client base kami yang tumbuh dengan cepat di semua negara ASEAN," tambah Simon Jones, Direktur Pelaksana dan Regional Treasury Services Executive Asia Pasifik di J.P. Morgan.

     JP Morgan menawarkan berbagai layanan pembayaran treasuri dan komersil bagi berbagai lembaga keuangan di Indonesia. JP Morgan adalah bank komersial dan kliring Dollar AS terbesar di dunia.

     Mengenai J.P. Morgan Treasury Services

    
Bisnis Treasury Services J.P. Morgan adalah penyedia lengkap terkemuka solusi pembayaran inovatif, collection, manajemen likuiditas, trade finance, kartu komersial dan informasi untuk perusahaan, lembaga jasa keuangan, perusahaan pasar menengah, usaha kecil, maupun pemerintah di seluruh dunia.

     Dengan lebih dari 100.000 nasabah dan layanan yang disediakan di lebih dari 60 negara dan 40 negara bagian AS, J.P. Morgan Treasury Services adalah salah satu penyedia jasa manajemen treasury terbesar di dunia yang merupakan salah satu divisi dari JPMorgan Chase Bank, N.A., anggota FDIC. Keterangan tambahan dapat ditemukan di www.jpmorgan.com/ts.

     Mengenai JPMorgan Chase & Co.

    
JPMorgan Chase & Co. (NYSE: JPM) adalah perusahaan jasa keuangan global dengan aset 2,1 triliun dolar AS dan beroperasi di lebih dari 60 negara. Perusahaan ini merupakan lembaga yang terkemuka dalam bidang perbankan investasi, jasa keuangan bagi nasabah ritel, usaha kecil dan komersial, pemrosesan transaksi keuangan, asset management serta private equity.

     JPMorgan Chase & Co, salah satu bagian dari Dow Jones Industrial Average, melayani jutaan nasabah di Amerika Serikat dan banyak perusahaan kenamaan terkemuka di dunia yang meliputi korporasi, institusi dan pemerintahan di bawah bendera J.P. Morgan dan Chase.

     Di Asia Pasifik, J.P. Morgan beroperasi melalui 26 kantor di 15 negara dan telah mengembangkan usaha perbankan wholesale sepanjang sejarah hampir 160 tahun di kawasan ini. Keterangan tambahan tentang JPMorgan Chase & Co. tersedia di www.jpmorganchase.com.

     Kontak Media :

     Karene Dufour Lo, J.P. Morgan Treasury & Securities Services
     Tel: +852-2800-1924
     Email: karene.c.dufourlo@jpmorgan.com

SUMBER J.P. Morgan

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010