Jakarta (ANTARA News) - Ribuan guru yang tergabung dalam Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia melakukan demonstrasi hingga mengakibatkan tertutupnya jalur Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, tepat di depan Kantor Kementerian Pendidikan Nasional, Rabu pagi.

Akses jalan yang tertutup adalah jalur lambat Jl Jenderal Sudirman dari Bundaran Senayan menuju Kantor Kemdiknasmengakibatkan kemacetan parah dan antrean kendaraan dari Jl Sisingamangaraja menuju ke Jl Sudirman.

Sejumlah guru yang melakukan unjuk rasa itu bergantian melakukan orasi yang intinya antara lain menolakan rencana penghapusan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK).

Para pengunjuk rasa juga membawa beberapa spanduk yang antara lain bertuliskan "Guru, Dosen, dan Tenaga Kependidikan tidak ingin dipecah-pecah".

Ribuan guru tersebut memakai batik dan berasal tidak hanya dari ibukota tetapi daerah lain seperti Bogor.

Untuk menguraikan kepadatan arus lalu lintas, polisi telah menurunkan petugas yang antara lain mengalihkan kendaraan ke jalur cepat Jl Sudirman.

Para guru itu melakukan aksi serentak tidak hanya di depan Kantor Kemdiknas, tetapi juga di depan Gedung MPR/DPR dan depan Kementerian Agama.
(M040/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010