Ambon (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI George Toisutta, akan dianugerahi gelar "Kapitang Elake Patiloe Manawa Kabaressy" (pemimpin besar pemersatu yang tangguh) oleh para Latupati di Maluku.

"Gelar adat Kapitang Elake Patiloe Manawa Kabaressy diberikan kepada Kasad Jenderal TNI George Toisuta karena beliau adalah orang Maluku pertama yang berhasil mencapai pangkat tertinggi dalam Angkatan Darat," kata Ketua Majelis Latupati Maluku, Abdullah Malawat, di Ambon, Rabu.

Menurut Malawat, prestasi yang diraih George Toisuta itu turut mengharumkan nama Maluku di tingkat nasional maupun internasional.

Alasan lainnya, kapasitas George Toisuta sebagai Kasad secara langsung dan tidak langsung mampu membangun Maluku ke depan.

"Paling tidak, dengan penghargaan masyarakat Maluku melalui pemberian gelar adat, tanggung jawab beliau dapat terpacu untuk membangun negeri ini lebih cepat," kata Malawat, Raja Negeri Mamala, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Pemberian gelar adat kepada Toisuta akan diawali sidang para Latupati di Baileo Negeri Haria, Pulau Saparua, Malteng, dijadwalakan pada 14 Mei 2010 pukul 11.00 WIT, untuk menegaskan komitmen raja-raja di Maluku atas penganugerahan tersebut.

Prosesi awal dilaksanakan di Gunung Saniri, Pulau Saparua, dalam ritual pembakaran obor Pattimura.

Selanjutnya penganugerahan gelar adat akan berlangsung di Lapangan Merdika, Ambon, bersamaan dengan peringatan puncak Hari Pattimura yang ke-193 pada 15 Mei.

Pemerintah Provinsi Maluku sangat mendukung langkah para Latupati tersebut.

"Pemberian gelar itu akan dihadiri oleh tokoh-tokoh adat di negeri ini. Kami harapkan melalui momentum pemberian gelar itu akan muncul Kapitan-Kapitan Pattimura yang baru," kata Sekda Maluku, Ros Farfar.
(T.KR-RMYJ007/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010